a

Wednesday, December 10, 2014

5 Maskot 'Snack' yang Paling Ikonik



Karena kita tidak mungkin mengingat semua nama produk yang dijual di supermarket, produsen yang tanggap akan hal tersebut pun menghadirkan maskot produk mereka di tengah kita semua.

Meskipun secara sepintas ide tersebut terlihat memudahkan kita sebagai konsumen, metode tersebut pada dasarnya adalah bagian dari strategi branding dan bisa juga menjadi trik marketing. Metode semacam ini bertujuan - salah satunya - untuk membuat konsumen lebih familiar dengan produk dari produsen itu sendiri.

Perusahaan makanan ringan di bawah ini sudah melakukan langkah di atas dengan sangat baik. Mari cari tahu maskot milik produsen mana yang paling berhasil menancapkan branding-nya pada pikiran kita sembari bernostalgia mengenang snack favorit Anda:


1. Chester (Cheetos)

chester cheetos cheetah most iconic brand of the year
Sumber gambar: gallerycartoon.blogspot.com
Cheetos sadar betul bahwa target konsumen mereka adalah remaja dan anak-anak, maka dibuatlah karakter macan tutul yang keren dan kekinian itu. Mulai diperkenalkan sejak tahun 1986, Chester Cheetah atau Papa Chester langsung mendalami gaya hidup yang hipster, dengan dandanan sedemikian rupa plus sebungkus Cheetos kesukaannya.

Apalagi Chester ini suka berbuat nekat demi mendapatkan sebungkus snack favoritnya. Penyuntikan 'konspirasi' yang sangat mulus, bukan?

Tak mengherankan apabila Chester Cheetah bisa dibilang maskot makanan ringan yang paling cool sepanjang sejarah.


2. Julius Pringles (Pringles)

pringles icon mascot unique memorable iconic
Sumber gambar: twitter.com

1967 adalah tahun kelahiran Julius Pringles, maskot utama dari Pringles. Tentu saja wajah Mr. Pringles sangat familiar bagi kita semua (meskipun Anda bukanlah penikmat setia potato chip ini), karena raut muka Mr. Pringles selalu terpampang di wadah silinder yang telah menjadi khasnya Pringles.

Walaupun sudah mengalami empat kali penyempurnaan maskot, sejauh ini, Pringles tetap percaya diri dengan Mr. Pringles-nya. Bahkan, meskipun telah berganti kepemilikan tahun 2012 silam (dari pemilik aslinya Procter & Gamble ke Kellogg Company), posisi Mr. Pringles belum tergeser sejak pertama kali didaulat menjadi maskot.


3. Red and Yellow (M&M's)

m&m's mascot red and yellow png
Sumber gambar: prosportstickers.com

Nikmatnya cokelat penuh warna buatan M&M's selalu membekas di lidah, pun dengan kedua maskot mereka yang tak pernah lepas dari pikiran kita, Red and Yellow. Latar belakang penciptaan maskot M&M's adalah perwakilan rasa dari cokelat yang mereka produksi: Red mewakili milk chocolate (cokelat susu), sedangkan Yellow ialah representasi dari peanut chocolate (cokelat kacang). Keduanya telah hadir, baik di komersial televisi maupun media cetak, sejak tahun 1995.

Duo maskot yang merupakan personifikasi dari butiran cokelat lezat M&M ini telah dikenal masyarakat global, meskipun sebenarnya M&Ms juga punya 'geng maskot' alias spokescandies yang sejauh ini berisi enam anggota: Orange (pretzel), Miss Green (peanut butter), Blue (almond/raspberry), dan, yang terbaru, Ms. Brown (milk chocolate)

creative and unique brand mascots
Sumber gambar: wikimedia.org


4. Larry the Quaker Man (Quaker Oats)

mascot maskot ikon quaker oats revolution
Sumber gambar: huffpost.com

Sereal ini tidak asing lagi bagi kita karena - bisa jadi - inilah makanan kesukaan nenek ataupun kakek kita di rumah.

Walaupun identik dengan makanan orang tua, Quaker Oats tidak serta-merta dilupakan begitu saja oleh generasi yang lebih muda. Hal ini mungkin terjadi karena maskot yang mereka miliki cukup ikonik.

Ya, Larry the Quaker Oats Man telah berumur lebih dari 135 tahun. Keberanian Quaker Oats mempertahankan maskot ini patut ditiru, karena dengan ini mereka juga jadi lebih mudah dalam berpromosi.

Saat seorang kakek yang memang penikmat setia Quaker Oats kehabisan sereal favoritnya ini, misalnya, beliau pun kemungkinan besar akan menyuruh anak atau cucunya untuk membeli produk Quaker Oats di supermarket terdekat. Apabila kakek tersebut telah pikun sehingga tidak bisa mengingat kata-kata 'Quaker Oats', maka beliau tinggal berpesan untuk mencari sereal dengan maskot yang mirip Benjamin Franklin di etalase. Dengan ini, familiarisasi Quaker Oats dan Larry akan tetap terjaga.


5. Koko (Koko Krunch)

maskot mascot koko crunch png
Sumber gambar: mummyed.wordpress.com

Sebagai salah satu dari 2.000 lebih produk unggulan Nestlé, Koko Crunch sangat dikenal masyarakat luas di Indonesia. Koko the Koala Bear, biasa dipanggil Koko, pun pasti tidak asing lagi bagi kita, karena sejak tahun 2000-an, maskot ini sering muncul di layar kaca.

Sereal yang dibuat dari cokelat organik ini merupakan favorit anak-anak. Selain karena mereka dimanjakan dari segi rasa, iklan Koko Crunch di televisi yang menghadirkan petualangan Koko di berbagai belahan dunia juga menarik untuk diikuti.


Itu tadi beberapa ikon atau maskot makanan ringan yang sering mondar-mandir di hadapan dan perut kita. Sudahkah Anda mengambil pelajaran dari produsen snack di atas perihal pentingnya maskot sebagai bagian dari branding?
  • Blogger Comment
  • Facebook Comment

1 comments:

Copyright © 2012 Orkha Creative All Right Reserved
Designed by CBTblogger