a

Tuesday, December 9, 2014

4 Alasan Mengapa Liburan Adalah Waktu Terbaik untuk Mencari Pekerjaan



lowongan pekerjaan desainer grafis malang


Berkat artikel ini, Anda tidak perlu lagi menunggu musim liburan berakhir untuk mendapatkan pekerjaan baru.

Tidak seperti pendapat orang kebanyakan, yang mengatakan bahwa perusahaan suka 'berhibernasi' saat libur tiba, sebenarnya semua prosedural perusahaan tetap berjalan lancar, termasuk dalam hal perekrutan pegawai. Malah, musim liburan seperti di bulan Desember menjadi adalah waktu yang sangat baik untuk berburu pekerjaan.

Inilah empat alasan yang disaring fastcompany.com perihal alasan logis mengapa Anda tidak boleh surut semangat untuk mencari pekerjaan saat liburan:


1. Orang-Orang Sedang Good Mood

Liburan penuh dengan kebahagiaan, dengan rangkaian pesta, kado, makanan, dan sebagainya. Bukan sesuatu yang mengherankan apabila liburan membuat aura banyak orang bersinar cerah.

Semangat yang terpelihara ini, percaya tidak percaya, akan melapangkan jalan Anda saat melamar pekerjaan. Apalagi setelah pegawai yang punya wewenang untuk menyeleksi dan mewawancarai calon pegawai baru menerima bonus dari bosnya, niscaya ruangan yang Anda diami untuk menjalani tes menjadi tak seangker yang Anda bayangkan.

Alasannya sederhana, perasaan rileks dan nyaman dari mereka tentu akan menular pada Anda.


2. Pesaing Lebih Sedikit

Banyak yang masih berpikir konvensional dengan memulai sesuatu dari tanggal satu dan bulan satu agar lebih resmi dan pas, rasanya. Nah, saat pemikiran serupa sudah terlalu marak, Anda bisa memanfaatkan hal ini sebagai peluang emas.

Dengan banyaknya orang yang lebih memilih untuk menghabiskan liburan dengan membahagiakan diri sendiri, kompetisi Anda untuk mendapatkan pekerjaan yang sedang lowong akan melonggar.

Seringkali, banyak pegawai yang berencana secara tiba-tiba untuk mencari pekerjaan lain pasca musim libur habis, entah karena bonus yang mereka terima sebelumnya kurang memuaskan atau apa. Hal ini pun menyebabkan pelamar kerja membludak setelahnya, padahal jumlah kesempatan kerja belum tentu bertambah dengan signifikan.


3. Incar Perusahaan yang Menunda Perekrutan Pegawai

Bagi perusahaan, menambah pegawai baru artinya menambah beban pengeluaran baru pula. Maka dari itu, tidak semua korporasi bersemangat mencari amunisi baru untuk memperkuat timnya. Tapi saat kebutuhan sudah mulai mendesak, mereka pun cenderung tidak memasang kriteria yang terlalu tinggi.

Momen seperti ini kerap terjadi di akhir tahun, mengingat mereka perlu memperbaiki misi yang mereka jalankan selama ini demi mencapai visi perusahaan.


4. Decision Maker Perusahaan Sedang Santai

Bapak dan ibu yang kebetulan memegang jabatan penting di perusahaan tentu sehari-harinya disibukkan dengan rapat, kajian lapangan, sidak, dan kepentingan lain yang mengharuskan mereka jarang mendiami kantor.

Mendekati musim liburan, ada kecenderungan mereka menunda urusan tersebut agar bisa menikmati waktu bersama keluarga. Akhirnya, mereka pun kerap dilibatkan dalam proses pencarian talenta terbaik untuk perusahaannya. Maka jangan pasang muka keheranan apabila Anda dites langsung oleh petinggi perusahaan.

Saat Anda ditangani langsung oleh 'ahlinya' seperti itu, keputusan jadi lebih cepat diambil karena mereka lah yang memang kompeten di bidangnya dan mengetahui lebih pasti apakah potensi Anda yang sedang dicari perusahaan.


Intinya, apabila Anda ingin mendapatkan pekerjaan, terus cari! Jangan keburu wisata dulu. Tidak mau merasa merugi gara-gara berleha-leha terus di tanggal merah, kan?


Sumber gambar: enterpriseschools.net
  • Blogger Comment
  • Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment

Copyright © 2012 Orkha Creative All Right Reserved
Designed by CBTblogger