a

Friday, December 12, 2014

4 Cara Mudah Menarik Investor



trik mudah menarik investor

Saat sebuah bisnis ingin berekspansi, salah satu strategi yang bisa dilakukan adalah mendatangkan investor. Tapi, tahukah Anda faktor apa saja yang membuat investor tertarik pada sebuah bisnis?

Entrepreneur gampang tidak sabaran untuk menceritakan ide bisnis miliknya pada investor. Antusiasme yang tinggi dari para pelaku bisnis ini memang lumrah, apalagi bagi mereka yang ingin melejitkan bisnisnya.

Memang benar jika suntikan moral dan materil investor dapat mempengaruhi kekuatan sebuah bisnis di masa yang akan datang. Namun, kunci untuk menarik investor sebenarnya bukan dari keunikan produk atau jasa yang Anda tawarkan. Menelisik artikel dari businessnewsdaily.com, justru karena konsumen, cara memanfaatkan masalah, strategi saat mengalami kesulitan, serta Anda sendirilah yang bisa mendatangkan investor.

Inilah empat hal terpenting yang harus diperhatikan untuk menarik investor:


1. Melakukan Apa Saja Demi Kebaikan Konsumen 

Ada sebuah trik yang bisa Anda praktekkan saat mempresentasikan bisnis Anda pada investor, yaitu ceritakan mengapa dan bagaimana bisa konsumen membutuhkan (bahkan mengistimewakan) produk atau jasa Anda.

Kebanyakan, investor tidak terlalu mengambil pusing terkait apa yang Anda jual. Yang terpenting bagi mereka adalah apa dampak bisnis Anda bagi konsumen. Pastikan bahwa konsumen benar-benar menginginkan sesuatu dari bisnis Anda dan bukan sekedar tertarik sesaat. Saat Anda sudah berhasil memberi kebaikan dan keuntungan pada konsumen, eksistensi bisnis Anda akan tervalidasi dengan sendirinya.


2. Bisa Melahirkan Keuntungan dari Masalah

Prioritasi konsumen ialah ideologi yang hampir berlaku di semua industri. Dan memang itu yang dicari investor dari bisnis Anda. Untuk itu, penting untuk investor ketahui apakah produk atau jasa yang Anda hasilkan bisa menjadi solusi masalah yang diderita konsumen sekarang dan mendatang.

Bisnis Anda seharusnya terfokus pada pemenuhan kebutuhan konsumen sekaligus memudahkan pekerjaan atau tugas tertentu yang ingin diselesaikan konsumen.


3. Exit Strategy itu Penting

Trik lain yang bisa Anda praktekkan saat memaparkan bisnis Anda di depan investor ialah dengan meyakinkan mereka bahwa bisnis Anda akan menarik perusahaan besar untuk mengakuisisinya.

Kalau nantinya ide bisnis Anda ternyata tidak diakuisisi, tetapi malah dicuri, penting juga untuk menceritakan cara Anda melindungi ide dari kompetitor. Apakah nantinya Anda akan membiarkannya dicuri begitu saja, tetap ngotot menjalankan ide yang dicuri tersebut, atau melakukan hal lainnya, bisa menjadi pertimbangan mereka untuk berinvestasi.

Contoh studi kasus di atas mengacu pada exit strategy, yang artinya strategi untuk keluar. Strategi ini penting untuk dimiliki tiap bisnis untuk mengetahui kapan harus berhenti dan mencari 'pintu masuk' lainnya.


4. Munculkan Etos Kerja dalam Diri Anda dan Tim

Investor juga memperhatikan Anda. Untuk itu, munculkan karakter Anda dan rekan setim yang selalu antusias dan ingin berjuang keras.

Investor pada dasarnya tidak hanya menitipkan uangnya pada bisnis, tetapi mereka ingin juga berhubungan dengan Anda sebagai teman, dewan pembimbing, atau 'pimpinan' Anda. Mereka pastinya tidak ingin salah menentukan mitra, karena akan berpengaruh buruk pada masa depan mereka sendiri. Maka dari itu, yakinkan mereka bahwa Anda dan tim adalah mitra yang tepat.

Sikap, komitmen, dan hasrat Anda dalam berbisnis tentu saja lebih penting dari segalanya, karena produk atau jasa bisnis Anda tidak akan ada tanpa Anda. Sebagai tambahan, apabila Anda memiliki aura karismatik sebagai pemimpin, tentu saja akan menjadi nilai tambah di mata investor.


Itulah beberapa trik untuk membuat investor tertarik berinvestasi pada bisnis Anda. Apakah Anda punya trik jitu lainnya? Silakan bagikan di kolom komentar.


Sumber gambar: kalbe.co.id
  • Blogger Comment
  • Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment

Copyright © 2012 Orkha Creative All Right Reserved
Designed by CBTblogger