a

Tuesday, December 9, 2014

Lama Masa Bakti Teraman untuk 'Resign'



waktu yang pas untuk keluar resign mencari pekerjaan baru


Beberapa orang takut keluar dari tempatnya bekerja karena akan dicap buruk, seperti kutu loncat, tidak kompeten, sampai pengkhianat.

Padahal pandangan-pandangan negatif seperti itu bisa dihindari apabila mereka resign di momen yang tepat.

Meskipun topik ini sifatnya relatif karena tergantung dari bidang pekerjaan yang digeluti dan sarat akan subjektivitas Anda, tetapi masih ada satu titik temu yang bisa membuat kita sepakat. Saat Anda tidak bisa belajar lebih banyak dan tidak bisa mengembangkan karir lebih jauh lagi, lebih baik Anda memutuskan untuk mengundurkan diri.

Seperti informasi yang didapat dari mashable.com, ada jangka waktu yang sebaiknya Anda cermati sebelum mulai menulis surat pengunduran diri untuk tempat Anda bekerja.

Kalau Anda ingin keluar dari pekerjaan Anda sebelum menginjak bulan kedelapan dan mendapatkan pekerjaan yang baru, resiko yang akan Anda hadapi cukup tinggi, kecuali ada alasan dari perusahaan itu sendiri yang memaksa Anda untuk berhenti. Keluar sebelum melewati delapan bulan pertama seperti mengindikasikan Anda gagal memenuhi standar minimum kebutuhan korporasi tersebut.

Sedangkan 18 bulan atau 1,5 tahun adalah durasi yang sekiranya pas apabila Anda memutuskan untuk meletakkan jabatan Anda. Setidaknya, hal ini mengisyaratkan Anda bisa survive di tahun pertama plus beberapa bulan setelahnya. Anda pun kemungkinan besar sudah melewati tahapan evaluasi perusahaan dan rapor Anda masih bisa dibilang baik, sehingga layak untuk dipertahankan.

Ingin tahu rasanya dihujani apresiasi yang lebat saat keluar dari tempat Anda bekerja? Setidaknya, Anda harus sudah memulai hiruk-pikuk di tempat tersebut selama empat tahun (48 bulan) sebelum resign. Dalam jangka waktu selama itu, ada kemungkinan Anda sudah berhasil mendapatkan titel yang tidak lagi murahan dan jasa Anda bagi perusahaan pun telah ketara.

Sebaliknya, apabila selama empat tahunan itu Anda belum sampai di tanjakan karir, Anda punya sisa waktu maksimal dua tahun untuk tinggal. Saat pengabdian Anda pada perusahaan sudah berumur enam tahun (72 bulan) dan belum ada pencapaian berarti, ini waktu yang tepat bagi Anda untuk mengundurkan diri. Kecuali Anda bukan orang yang ambisius dan kurang menyukai tantangan.


Begitulah sedikit pandangan perihal momen terbaik untuk mengundurkan diri dari pekerjaan. Semoga bisa membantu Anda dalam mengambil keputusan dan tak patah semangat mendapatkan karir yang lebih menjanjikan, meskipun saat liburan.


Sumber gambar: blog.jobs24.co.uk
  • Blogger Comment
  • Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment

Copyright © 2012 Orkha Creative All Right Reserved
Designed by CBTblogger