a

Saturday, April 12, 2014

Hal Wajib: Panduan Style untuk Brand



http://1sdvhk39z9za10th0f2p20m515hf.wpengine.netdna-cdn.com/wp-content/uploads/2012/04/shutterstock_85446772.jpg


Branding yang konsisten dan menyeluruh adalah kebutuhan pokok bagi perusahaan Anda demi lahirnya familiaritas di mata masyarakat luas.

Cara yang paling sederhana adalah dengan terus melahirkan konten yang konsisten secara visual dengan menyesuaikan kaidah style yang sudah ada. Sudah sewajarnya, Anda memiliki sebuah referensi yang berisi elemen dasar sebuah branding agar desain-desain yang akan mewakili branding perusahaan Anda kedepannya tidak melenceng.

Inilah lima elemen yang harus ada di panduan style untuk branding Anda:


http://99designs.com/customer-blog/wp-content/uploads/2014/03/style-guide1.jpg


1. Karakteristik Brand 

Mulailah dengan ringkasan singkat tentang perusahaan Anda sebagai pakem yang akan dipakai oleh desainer Anda nantinya:
Mission: Sesingkat mungkin, jelaskan mengapa perusahaan Anda bisa ada dan kemana brand perusahaan Anda akan melangkah.
Target Audience: Jabarkan siapa klien Anda dan bagaimana produk atau jasa yang Anda tawarkan bisa menjawab masalah mereka.
Personality: Buatlah daftar 3-5 kata sifat yang benar-benar mendefinisikan brand Anda untuk menentukan style desain dan konten yang akan dibuat. Beberapa kata yang lazim dipakai adalah ‘mewah’, ‘tegas’, ‘seru’, dan lain-lain.


2. Variasi Logo 

Buatlah banyak versi dari logo brand Anda lalu tentukan dimana dan dalam ketentuan apa logo-logo tersebut bisa diaplikasikan. Minimal, tentukan ukuran dan proporsi yang wajar agar logo Anda terhindar dari perubahan yang bisa merusak konsistensinya. Jika logo Anda membutuhkan kreasi untuk tipografi, pertimbangkan font yang tepat pula.


3. Palet Warna

Demi menampilkan branding yang konsisten, coba untuk tidak memakai lebih dari empat warna utama untuk segala materi desain Anda. Sediakan beberapa contoh warna yang tepat untuk menggambarkan brand Anda. Umumnya, background dihiasi warna yang lebih terang, lalu warna teks lebih gelap, dan corak warna yang netral. Coba tengok warna yang sudah dipakai oleh merk terkenal sebagai referensi.


4. Tipografi

Buatlah daftar kumpulan font yang bisa mewakili brand Anda secara tepat. Perlu Anda ingat lagi, jangan memilih terlalu banyak font, maksimal empat saja. Jangan juga memakai font yang sama dengan font di logo Anda. Sediakan opsi untuk font headline, subhead, body, dan callouts (jika ada).


5. Gambar

Jika nantinya Anda ingin ada porsi untuk foto atau ilustrasi untuk kepentingan desain brand Anda, jangan lupa untuk menentukan mulai dari sekarang. Akan lebih mudah tentunya jika Anda memiliki stok dalam jumlah besar dan diklasifikasikan dalam image library khusus untuk kepentingan branding.


Yang utama, jangan takut salah dalam membuat paduan style untuk brand Anda. Nanti Anda bisa bereksperimen. Asal sudah ada pondasi dasarnya, proses pembungkusan brand Anda pasti bisa dikembangkan lagi.


Disadur dari:
99designs.com
  • Blogger Comment
  • Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment

Copyright © 2012 Orkha Creative All Right Reserved
Designed by CBTblogger