a

Tuesday, October 14, 2014

5 Cara Agar Desain Bisa 'Bercerita'



Mendesain itu tidak sekedar mendesain, tetapi juga perlu mengomunikasikan pesan di dalamnya, entah itu secara eksplisit maupun implisit.

Agar desain lebih bernyawa, ada hal sederhana yang bisa Anda praktekkan, yaitu dengan memberikan cerita di dalamnya. Untuk lebih memudahkan Anda, tentukan terlebih dahulu tema dan hal apa yang akan Anda sampaikan melalui medium desain. Entah itu kisah senang, sedih, semangat, santai, atau lainnya, usahakan agar nantinya kisah tersebut tidak berbenturan dengan elemen desain yang membungkusnya. Namun, Anda juga perlu berhati-hati untuk menyampaikan cerita, karena cerita tersebut haruslah menyatu dengan merek, produk, game, website, atau apapun yang sedang Anda desain.

Mengapa Anda perlu memberikan kisah pada desain Anda?

Selain menunjukkan kualitas Anda dalam mendesain, membalut sebuah desain dengan kisah juga berfungsi agar publik lebih mudah mengingat, terikat, dan memahami pesan dan misi yang Anda usung.

Untuk memudahkan Anda, designshack.net sudah menyimpulkan beberapa hal agar desain Anda bisa bercerita, antara lain:


1. Tampilkan Gambar Berukuran Besar

desain dan foto bisa bercerita

Ingat frasa 'sebuah gambar bisa berbicara seribu kata'?

Manfaatkanlah foto, ilustrasi, atau gambar apapun untuk menceritakan lebih lanjut apa yang orang lain perlu ketahui tentang makna dari desain Anda. Sudah banyak perusahaan besar yang lebih memilih untuk menampilkan potret proses atau hasil kerjanya di lapangan (yang seringkali mengandung cerita khusus) daripada sekedar menunjukkan produknya saja.

Bahkan, saat dikerjakan dengan konsep dan teknik yang baik, foto pun bisa berfungsi sebagai pendongkrak penjualan produk Anda.


2. Temani dengan Frase atau Kalimat yang Besar Pula

desain dan kata-kata bisa bercerita

Sebuah kata (atau beberapa) yang tepat bisa memasung impresi dari desain Anda pada memori orang yang melihatnya. Katakan sesuatu pada mereka secara singkat dan ringkas lewat ungkapan yang juga mendukung potret atau desain Anda.

Anda bisa meniru apa yang dilakukan oleh Clif Bar. Merek yang menyediakan peralatan para petualang ini secara gamblang menyorot kata 'Adventure' dalam website miliknya, sehingga visitor pun dengan mudah bisa menangkap tujuan dan manfaat dari hadirnya merek ini di sekeliling mereka.


3. Sesuaikan dengan Warnanya

warna dan desain bisa bercerita

Emosi dan warna sudah terbukti bisa mengikat orang secara visual. Nah, saat keduanya bertemu dengan desain yang ciamik, maka orang yang melihatnya pun serasa terkoneksi langsung dengan kisah yang dikandung di dalamnya.

Pastikan Anda memilih palet warna yang tepat, karena warna yang berbeda bisa turut menafsirkan pesan dalam desain. Tidak mau kan pemirsa menangkap kesan sedih pada desain Anda sedangkan Anda bertujuan untuk menampilkan sesuatu yang ceria?


4. Suguhkan Efek yang Keren

efek dan teknologi dalam desain bisa bercerita

Dengan masuknya teknologi sebagai opsi untuk mengembangkan cerita dalam desain, semua akan semakin lebih mudah bagi Anda. Tren saat ini pada desain website adalah dengan memasukkan video dan efek parallax. Keduanya ialah teknik yang paling baik untuk mengembangkan cerita dalam desain.

Efek parallax dipercaya sangat memanjakan visitor karena menyuguhkan tampilan yang sangat menarik. Setiap bab atau bagian dari sebuah kesatuan kisah Anda dalam website pun lebih bisa mengalir dan tetap emosional. Sedangkan dengan video, Anda bisa benar-benar mengisahkan cerita Anda dengan gambar dan suara latar yang senada. Keuntungan menampilkan video untuk website ialah Anda bisa mengaplikasikannya untuk media promosi lainnya, seperti iklan di televisi atau video highlight di kantor.


5. Atur Navigasi yang Jelas

desain dan navigasi yang bagus bisa membentuk cerita

Mengajak orang lain untuk masuk dan menyelami cerita dalam desain Anda tidak akan mudah apabila Anda tidak mengatur aliran dan navigasinya. Tidak peduli apakah sifat dari desain tersebut cetak atau digital, interaksi dan instruksi yang Anda sampaikan harus jelas, sehingga orang-orang tahu apa yang harus mereka lakukan setelah melihat desain Anda.

Nike dengan percaya diri menantang pengunjung situsnya untuk mengenakan produk keluarannya, dengan cara mempengaruhi mereka untuk menjadi pebasket yang berbeda lewat tagline dan foto yang diperankan oleh model. Tak lupa, call to action juga selalu disertakan di setiap lamannya.


Apakah Anda sudah siap memberikan makna lebih pada setiap desain Anda?
  • Blogger Comment
  • Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment

Copyright © 2012 Orkha Creative All Right Reserved
Designed by CBTblogger