Manfaatkan Foto Untuk Meningkatkan Penjualan
Menjual barang dari lapak digital memang lebih sulit daripada berjualan di toko yang sesungguhnya, tetapi dengan sebuah foto yang tepat, segalanya bisa berubah.
Manusia, umumnya, malas mengeluarkan uang untuk barang yang tidak bisa mereka lihat. Sebaliknya, mereka cenderung ingin tahu tampilan fisik dari barang yang diincar sebelum membulatkan tekad untuk membelinya. Untuk mempermudah konsumen Anda mencapai proses puncak itu, Anda bisa menggunakan foto.
Dalam dunia e-commerce, dimana semua serba digital, foto menjadi salah satu bagian penting dalam strategi pemasaran. Survey terbaru dari Socialbakers.com pada Maret 2014 menunjukkan bahwa foto adalah konten yang paling banyak diunggah oleh brand yang terdaftar di Facebook dengan prosentase mencapai 75%. Sudah diakui juga jika foto bisa menarik window-shopper di internet dengan mudah, kemudian merubah mereka menjadi pembeli. Inilah pengaruh terkuat dari foto pada perilaku pembeli.
Sayangnya, masih banyak pelaku bisnis yang belum sadar akan hal yang menguntungkan ini. Para calon pembeli malah sering beranggapan foto yang dipasang oleh pelaku bisnis di lapak digitalnya tidak menggugah hasrat konsumerisme mereka.
Mari amati lebih dekat bagaimana foto bisa membantu Anda menjaring lebih banyak pembeli dari toko digital Anda:
Tampilkan Foto Berkualitas Tinggi dan Mendetail
Banyak pengusaha online yang melakukan kesalahan dasar dengan memasang gambar berkualitas rendah pada lapak digital mereka. Tren ini harus segera dihentikan.
Sebagai penyedia produk atau jasa, Anda harus mulai sadar tentang bagaimana membuat impresi yang apik di depan konsumen. Oleh karena itu, memajang foto berkualitas tinggi yang dapat mempengaruhi keinginan konsumen untuk membelinya sangat disarankan.
Foto pun selayaknya diatur sedemikian rupa untuk membantu konsumen mendapatkan gambaran yang jelas tentang produk yang Anda tawarkan. Dengan informasi yang mendetail dalam sajian yang simpel, foto menjadi komponen penting dalam proses penjualan.
Tampilkan produk Anda dari beragam sudut pandang, misalnya, dengan teknik zoom. Pengambilan gambar dengan teknik zoom dapat membantu konsumen melihat detail dari produk Anda. Produk seperti baju sangat cocok dengan teknik pengambilan gambar seperti ini. Sajikan pula tabel konten dengan detail pendukung, seperti size chart.
Tampilkan Emosi dalam Foto
Manusia, sadar atau tidak, berada dalam kontrol emosinya sendiri ketika sedang window-shopping.
Teori di atas sudah dijabarkan dalam 12 Tips for ‘Psychological Selling’. Belajar dari hal tersebut, Anda harus membuat pengunjung toko digital Anda nyaman dan bahagia untuk meningkatkan angka penjualan Anda. Oleh sebab itu, ada baiknya mengisi lapak digital dengan foto yang bernada emosi positif, seperti orang yang sedang tersenyum.
Poin yang perlu diperhatikan adalah jangan sampai memasang foto yang terlihat murahan atau terasosiasi dengan konotasi negatif karena dapat menghalangi kekuatan penjualan visual bisnis Anda. Penggunaan stock photos dari internet sebenarnya bukan hal yang salah, tetapi berhati-hatilah karena bisa menjadi bumerang bagi Anda karena mengesampingkan keotentikan kinerja Anda sendiri.
Jadi jangan sekali-kali menganggap remeh kekuatan emosi!
Bubuhi dengan Humor (Jika Memungkinkan)
Fungsi lain foto selain, memberikan informasi dan cerita, adalah menghibur. Humor dalam foto dapat memberikan ketertarikan dan kenyamanan pada siapapun yang melihatnya. Coba pertimbangkan elemen kecil saat sesi pengambilan foto yang bisa menghasilkan senyuman kecil atau tawa pada bibir pelanggan Anda.
Ramaikan Testimonial dengan Foto
Mari belajar pada contoh terbaik yang sudah ada, yaitu iklan di televisi. Seperti yang sudah biasa Anda lihat, iklan di televisi seringkali menggandeng aktor, olahragawan, atau orang-orang terkenal lainnya untuk kepentingan promosi. Mereka memberikan testimonial agar Anda rela mengeluarkan uang untuk produk atau jasa tersebut.
Pemirsa televisi pun cenderung membeli produk atau memakai jasa dari orang yang mereka kenal, yang tidak lain adalah bintang iklan tadi. Opini dari pihak ketiga ini sangat berpengaruh pada keinginan untuk membeli. Jadi, lengkapi halaman testimonial Anda dengan foto dari pelanggan Anda yang puas ketika memakai produk atau jasa Anda.
Mudahkan Pelanggan Anda
Trik lain yang sangat berguna adalah dengan menempatkan foto di dekat link atau tombol call to action yang Anda maksud. Membiarkan terlalu banyak space diantara foto dan detail produk Anda bisa membuat pelanggan kabur sebelum membeli.
Anda harus mulai sadar pengaruh penempatan foto pada lapak digital Anda, supaya ‘perintah’ dari Anda jelas. Kalau tidak, pelanggan akan kesulitan dan mengabaikan ‘perintah’ Anda.
Tunjukkan Kegunaan Produk
Mempraktekkan kegunaan produk dalam foto sangat menguntungkan. Selain memberikan pengetahuan tentang bagaimana produk atau jasa Anda berfungsi, pelanggan akan mengetahui bagaimana bisnis Anda bisa mempengaruhi hidup mereka.
Ambil Foto 360 Derajat
Ini adalah cara terbaru nan inovatif untuk mempertunjukkan produk Anda di internet: jepret beberapa foto dari produk Anda dari beragam sudut, kemudian tampilkan agar pelanggan bisa melihat produk Anda secara mendetail dari sisi manapun. Dengan inovasi ini, produk Anda akan terlihat mewah dan produk Anda akan sulit ditolak oleh pengunjung toko digital Anda.
Fotografi sudah memegang peran vital dalam mengedukasi sekaligus mempengaruhi konsumen di era e-commerce seperti sekarang ini. Jangan lupa untuk terus memperbarui konten foto Anda
.
Tanggungjawab seorang desainer adalah memilih gambar yang tepat sekaligus menghadirkan user experience senyaman dan semaksimal mungkin demi lancarnya bisnis Anda di kemudian hari.
Disadur dari:
designyourway.net
0 comments:
Post a Comment