a

Monday, May 5, 2014

Tips Rahasia Mendesain Hang Tag



http://torquemag.io/wp-content/uploads/2013/08/shutterstock_115873954-800x533.jpg


Calon pembeli butuh informasi produk yang efektif dan praktis, itulah alasan hang tag hadir. Selain membuat calon pembeli terkesima dengan produk yang prima, takjubkan juga mereka dengan desain hang tag yang luar biasa.

Hang tag mempermudah penyampaian detail sebuah produk, seperti logo, merek, harga, diskon, dan lain-lain. Ada pakaian, aksesoris, alat rumah tangga, mainan, dan masih banyak lagi produk lainnya yang sangat bergantung pada fungsi hang tag. Bahkan, ada juga segelintir orang yang memakai hang tag untuk menandakan properti pribadinya (personal mark) dan kado untuk orang lain.

Menyadari akan terbatasnya ruang, maka hang tag haruslah padat nan efektif, tetapi jangan sampai miskin sentuhan kreativitas. Beberapa tips berikut sangat bisa Anda terapkan untuk menginovasi hang tag Anda:


Tonjolkan Logo

Kata kunci utama dalam hang tag adalah logo. Dengan memperlihatkan logo, branding bisnis Anda akan semakin dalam tertanam pada alam bawah sadar pembeli dengan sendirinya. Jadi, atur letak logo pada hang tag di tempat yang mudah terlihat. Karena ketika pembeli melihat logo Anda kemudian mereka terasosiasi akan rentetan produk keren yang Anda hasilkan, itulah pertanda branding Anda sukses.


Konsentrasi pada Warna

Pemilihan warna tidak boleh disepelekan, karena dengan warna, hang tag bisa terlihat semakin keren – atau sebaliknya. Identitas brand Anda pun bisa terpantulkan lewat warna yang Anda adopsi pada desain hang tag.

Warna yang terlalu gelap, misalnya, tidak akan menarik perhatian dengan mudah. The brighter, the better. Jangan takut untuk mengekspresikan warna mencolok pada hang tag, apalagi jika target market Anda adalah remaja. Tapi, pastikan warna yang Anda usung cocok dengan brand bisnis Anda dan temukan pula variasi shade yang klop. Kalau sudah menentukan warna yang paling pas, tetaplah konsisten dengan warna tersebut agar pilihan branding Anda terkesan matang dan tidak plin-plan. Beberapa merek terkenal pun serius menentukan warna mereka untuk kepentingan branding.

Sebagai informasi tambahan, warna yang sering dipakai sebagai hang tag adalah putih dan manila, karena perpaduannya dengan tinta hitam terlihat sempurna sekaligus lebih hemat biaya cetak.


Buatlah Hang Tag yang Tematik

Desain dari hang tag harus memiliki tema yang berhubungan dengan bisnis Anda. Misalnya, Anda bisa memberikan kesan trendy, sporty, atau classy pada hang tag. Menariknya, hang tag juga bisa digunakan untuk mempromosikan diskon atau special sale. Jika Anda sedang menggelar potongan harga khusus, fokuskan pandangan para pembeli pada hang tag edisi spesial tersebut, agar mereka mengetahui dengan mudah mana barang yang didiskon.


Bereksperimen dengan Bentuk dan Bahan Baku

Meskipun bentuk hang tag yang paling lumrah adalah persegi, Anda tidak harus menganut paradigma yang sama. Tidak ada salahnya bereksperimen dengan membuat hang tag dengan ukuran dan bentuk yang berbeda. Apalagi jika bisnis Anda fokus pada clothing atau apparel, inovasi sangat diharuskan untuk membuat Anda berbeda dengan jutaan penjual lainnya.

Dalam menentukan bentuk hang tag, Anda harus mengerti terlebih dahulu apa yang sebenarnya Anda butuhkan. Jika Anda memerlukan banyak tempat untuk memajang teks, coba gunakan hang tag yang bisa dilipat. Kalau ingin mudah menangkap perhatian, tinggal atur bentuk hang tag menjadi lebih besar atau bentuk yang tidak umum. Jika ingin memakai bentuk yang benar-benar custom dan ikonik, tinggal bayangkan saja benda yang berhubungan erat dengan brand Anda, kemudian implementasikan pada model hang tag yang Anda idamkan.

Memodifikasi hang tag juga bisa dari bahan bakunya. Anda bisa menggunakan kertas, plastik, atau kain. Tinggal sesuakan saja dengan kebutuhan bisnis Anda, seperti perlukah membuat hang tag yang weather resistant, untuk kepentingan industri atau merchandise kah, dan seterusnya. Coba juga padukan hang tag dengan pita atau benang ikat agar terkesan unik.


Manfaatkan Teknologi Masa Kini

Misalnya ada informasi lain yang ingin Anda sampaikan pada pembeli tentang produk Anda namun tidak ada tempat tersisa lagi di hang tag, coba saja menambahkan QR code yang mangarahkannya langsung pada webpage bisnis Anda. Disinilah peluang Anda untuk berinteraksi lebih intim pada pembeli sekaligus meningkatkan traffic pada website Anda. Win-win solution, kan?


Semoga tips di atas bisa membantu Anda mengreasi hang tag, namun jika mengalami kesulitan, jangan ragu untuk meminta bantuan desainer grafis.





Referensi:
blog.newprint.ca
packaginggraphics.net
  • Blogger Comment
  • Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment

Copyright © 2012 Orkha Creative All Right Reserved
Designed by CBTblogger