a

Friday, May 2, 2014

Menerapkan 10 Sabda Dieter Rams untuk Mendesain Web yang Necis



http://experience.stratusinteractive.com/Portals/208414/images/shutterstock_143113363%20copy.jpg


Desainer yang merajai era 1950-an, Dieter Rams, mengungkapkan prinsip desain dasar yang bisa menjadi 'kitab suci' untuk website industri.

Revolusi dalam mendesain yang digagas oleh desainer asal Jerman, Dieter Rams, sangat menginspirasi banyak pihak, tak hanya desainer. Bahkan, hal ini sudah diterapkan oleh banyak perusahaan, seperti Apple, untuk memberikan sentuhan inovasi dalam tiap feature terbaru dari produknya.

Inti dari sepuluh konsep desain yang bagus oleh Dieter Rams mengharuskan tiap desainer untuk memiliki inisiatif dalam tiap tugasnya. Konsep yang disempurnakan pada 1980-an ini ternyata juga diaplikasikan secara serius oleh pelaku desain industri, karena mereka sadar bahwa disanalah Rams pernah melahirkan rentetan karya yang mengagumkan dan mengangkat daya jual industri lewat desain.

Lalu, mengapa tidak menerapkannya juga pada desain website? Berikut paduan antara 10 konsep desain dari Dieter Rams dan pandangan dari desainer website berpengalaman, Nuno Luorio, tentang bagaimana membuat desain website yang ciamik:


1. Good design is innovative

Inovasi mendasari proses mendesain apapun, termasuk website. Seorang desainer harus sadar bahwa inovasi bisa menjadi pembeda sebuah desain dengan berpegang pada aspek dasar berikut:

- Berikan sentuhan inovasi dan buah pikiran kreatif Anda dalam hal User Interface (UI) dan desain grafis.  Tidak lupa, selalu dorong ide Anda jauh kedepan, melawan batas-batas yang mengekang kreativitas banyak orang saat ini untuk menghasilkan karya yang mampu mengundang decak kagum.

- Selalu cari tahu apa saja barang termutakhir di sekitar kita, entah itu software untuk mendesain atau bahasa pemrograman terbaru untuk menjaring ide dan merealisasikan target terbaru Anda.

Berinovasi memang tak semudah membalikkan telapak tangan, apalagi inovasi itu sendiri sifatnya fluktuatif dan terus berevolusi. Cara yang paling ampuh adalah dengan terus membuka wawasan untuk belajar dan mencoba untuk memperkaya opsi dan pengalaman dalam mendesain website.


2. Good design makes a product useful

Seperti apa website yang berguna? Bagaimana cara membuat website yang memiliki faedah yang tinggi?

Pertanyaan memang di atas sering menjebak para desainer website. Pada dasarnya, website yang tepat guna bergantung pada dari sudut mana efektifitas itu dilihat. Secara umum, ada tiga dimensi dasar dalam membuat website yang berguna:

- Berguna untuk visitor: Ketika Anda memiliki sebuah website yang memudahkan pengunjungnya untuk menemukan segala informasi yang mereka butuhkan dengan mudah dengan paduan UI yang nyaman, itulah ciri bahwa website Anda sudah berguna untuk visitor.

- Berguna secara konten: Konten yang Anda jual di website sangat vital. Oleh sebab itu, sajikan konten secara hati-hati dan sepenuh hati untuk menjadikan website Anda berguna.

- Berguna untuk 'mesin' lainnya: Poin terakhir untuk menobatkan website Anda sebagai website yang berguna adalah dengan  menitikberatkan pada kode atau script yang Anda terapkan pada website, seperti SEO dan elemen lainnya.


3. Good design is aesthetic

Poin artistik dalam sebuah website adalah buah dari keseimbangan detail secara visual dan fungsinya. Website yang bagus tidak pernah gagal menghadirkan pengalaman unik dan konten yang relevan bagi para pengunjungnya.
Aplikasikan tiga poin berikut untuk membantu Anda membuat desain website yang mimiliki estetika tinggi:

- Warna: Warna memiliki khasiat untuk membuat website Anda manis, jadi berhati-hatilah dalam mengatur skema warna. Cobalah beberapa kombinasi warna yang berbeda-beda dan pertimbangkan arti dari tiap warna tersebut. Kemudian, pertimbangkan konsistensi warnanya ketika desain Anda diaplikasikan pada media cetak atau diakses lewat smartphone.

- Grid / Space: Saat sedang mengatur sturktur dasar dari sebuah website, Anda harus memutuskan bagaimana menyajikan informasi pada visitor. Maka dari itu, mengatur grid dan white space harus menjadi sorotan utama juga. Ukuran, simetris, dan urutan informasi yang berbeda menentukan mata yang melihatnya dalam mengintepretasi konten dalam website Anda.

- Tipografi: Hiasi website Anda dengan typeface tertentu agar mudah dibaca dan memberikan fokus pada konten penting yang ingin Anda tonjolkan.


4. Good design makes a product easy to understand

Untuk membuat website yang efektif, Anda harus dengan jelas menunjukkan tujuan yang akan Anda capai lewat website tersebut. Misalnya, ketika Anda menggunakan website untuk berjualan, sebisa mungkin mendesainlah agar mampu mempengaruhi orang-orang untuk membeli barang dagangan Anda dengan cara yang mudah dimengerti.


5. Good design is unobtrusive

Tunjukkan juga kesan rendah hati yang Anda miliki lewat website, dengan cara menerapkan prinsip berikut:

- Less is more: Seringkali desainer terjebak dalam tahap mendekorasi dan mempertajam detail, kemudian melupakan konten. Konten harus tetap ‘hidup’ supaya mudah diterima secepat mungkin. Desain pun seharusnya tetap terlihat natural.

- Accessibility: Setelah Anda lepas dari jeratan di poin sebelumnya, sebisa mungkin jangan sampai membuat visitor website Anda terjebak. Mudahkan mereka dengan alur website yang nyaman.



"My heart belongs to the details. I actually always found them to be more important than the big picture. Nothing works without details. They are everything, the baseline of quality" – Dieter Rams



6. Good design is honest

Kejujuran dalam website adalah dengan bersifat terbuka pada pengunjungnya. Berikan arahan yang detail dan akurat agar tidak ada visitor yang merasa tertipu kemudian memilih untuk menjauhi website Anda selamanya.

Misalnya, dengan menjelaskan arah dan deskripsi dari setiap option, link, atau button sejelas mungkin. Bisa juga dengan menampilkan error message ketika ada sesuatu yang tidak bekerja dengan baik.


7. Good design is long-lasting

Masih ada perdebatan dalam harus atau tidaknya membuat karya desain yang abadi, karena pada tren desain pasti berubah-ubah pada beberapa periode tertentu. Namun, jangan sampai mengikuti tren terbaru dengan merombak total desain website Anda tanpa berpikir dampak dan kegunaannya jauh kedepan dan lebih dalam.

Konten sebuah website harus selalu up-to-date, tetapi struktur utamanya - termasuk desain - harus tetap konsisten. Sedikit perubahan memang diperlukan, tetapi hanya untuk UI yang lebih baik dan mengaplikasikan bentuk teknologi terbaru agar website Anda selalu segar.

Website yang tak lekang oleh waktu memiliki arti tersendiri. Yang terpenting, pelanggan harus nyaman dengan desain dan hasil kerja Anda. Kedua aspek tersebut seringkali mendasari langkah redesign, yang umumnya dilakukan setiap dua tahun sekali.


8. Good design is thorough

Desain harus menyeluruh. Jadi, jangan sampai meninggalkan secuilpun detail yang tidak bermanfaat!

Rangkai sebaik mungkin tiap pixel pada desain Anda untuk membuatnya layak untuk dipuji. Tinjau ulang ide Anda juga dari sudut pandang yang berbeda sekaligus perhatikan pengalaman orang-orang yang pernah mengunjungi website Anda. Dengan setumpuk kritik dan saran yang Anda terima, kemudian menggunakannya untuk terus berinovasi, memiliki desain yang mendetail bukan cuma di angan.


9. Good design is environmentally friendly

Ini adalah salah satu prinsip yang sulit untuk direalisasikan. Namun, artian dari ramah lingkungan sebenarnya sangat luas dan tidak melulu soal membuang sampah pada tempatnya.

Dalam mendesain website, cara untuk menunjukkan bahwa Anda peduli pada lingkungan bisa ditunjukkan dalam pengoptimalan poin berikut:

- Mengurangi elemen yang tidak diperlukan dalam website agar lebih ramah pada bandwidth dan kuota internet visitor.

- Menggunakan file gambar yang khusus dioptimalkan untuk web.

- Memunculkan kode dan script yang ramah untuk browser agar bisa ditampilkan sesempurna mungkin di website.


10. Good design is as little design as possible

Poin terakhir inilah yang bisa membuat desain website Anda semakin keren. Berhati-hatilah dengan tujuan dari konsep desain Anda sendiri, kemudian berkonsentrasilah pada feature terpenting dalam desain Anda. Sebisa mungkin, rangkai sistem yang transparan dan mudah digunakan agar tetap simpel dan mudah dimengerti para pengunjung.

Desain yang terbaik berangkat dari uji coba dan matangnya pengalaman, bukan dari apa yang selama ini Anda yakini.


Inti dari seluruh poin diatas adalah Anda harus ingat bahwa Anda mendesain untuk manusia. Manusia adalah alasan mengapa Anda membuat website, jadi menjakan mereka dan jangan sampai membuat mereka mengeluh sedikit pun. Di sisi lain, masih banyak website yang mengandung kesalahan sepele. Semoga situs Anda bukan termasuk salah satu yang melakukannya.

'Warisan' dari Dieter Rams memang tak hanya menginspirasi, tetapi juga memacu kita semua untuk terus berkarya. Setuju, kan?


Disadur dari:
  • Blogger Comment
  • Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment

Copyright © 2012 Orkha Creative All Right Reserved
Designed by CBTblogger