a

Monday, March 21, 2016

ISTILAH-ISTILAH DAN ATURAN DALAM TIPOGRAFI YANG HARUS DIKETAHUI OLEH PARA DESAINER (BAGIAN II)

- Daftar kata-kata sulit (A-L)

Keterangan gambar :  1. Bowl; 2. Stem; 3. Counter; 4. Arm; 5. Ligature; 6. Terminal; 7. Spine; 8. Ascender; 9. Apex; 10. Serif; 11. Ear; 12. Descender; 13. Crossbar; 14. Finial; 15. Ascender height; 16. Cap height; 17. X-height; 18. Baseline; 19. Descender line.



- Aese (ash)

Penggabungan dua huruf a dan e. Aesc ini merupakan huruf tua dalam bahasa inggris, dimana huruf ini dibuat untuk penggabuangan dua (rangkap) vowel, dan berhasil masuk dalam alfabet termasuk dalam bahasa denmark (Danish) dan bahasa islandia (Icelandic).


- Apex
Titik pusat (puncak) untuk suatu karakter huruf, hal ini dapat dilihat ketika adanya pertemuan antara garis pertemuan kiri dan kanan. Contohnya pada huruf besar (capital) A.


- Arm
Suatu garis horisontal yang tidak bersambungan satu sama lain atau suatu garis batang dan kedua ujungnya tidak terhubung – seperti pada huruf kapital T.


- Ascender
Bagian rendah dalam suatu huruf merupakan projek untuk x-height huruf. Ascender merupakan hal yang penting untuk mempermudah pembacaan, jika dalam suatu huruf terdapat terlalu banyak ascender-height dan x-height yang tidak mencukupi maka akan menyebabkan masalah dalam pembacaan.



-  Baseline
Baseline merupakan ‘kaki’ dari huruf-huruf kapital. Dibawah garis ini terdapat descenders dan loops.


- Bowl
Suatu bentuk potongan / lengkung yang indah yang terdapat pada huruf ‘p’ dan ‘b’.


- Bicameral (kebalikan dari Unicameral)
Bicameral ini merujuk pada alfabet yang memiliki huruf besar dan kecil yang, seperti contohnya pada alfabet Roman dan Cyrillic – yang merupakan kebalikan dari Hebrew dan Arabic.


- Bracket
Bagian dari huruf yang menyerupai bentuk batang memanjang yang terdapat dalam beberapa font.


- Cap height

Tinggi dari huruf kapital dari baseline.


- Copyfitting

Hal yang dilakukan untuk menyesuaikan titik dan spasi huruf untuk menempatkan teks dalam ruang yang telah disediakan agar terlihat lebih indah/harmoni.


- Counter
Penggabungan atau penggabungan sebagian dari porsi sebuah huruf seperti pada huruf ‘e’, bagian rendah dari huruf ‘e’ dan ‘g’, kedua huruf ini bisa dengan mudah untuk diletakkan bersama dengan bowl.


- Crossbar
Crossbar merupakan garis pengguhubung antara dua goresan/garis, seperti dalam huruf ‘H’. Crossbar ini juga dapat memotong bagian dari batang huruf seperti yang terdapat dalam huruf ‘t’.


- Cursive
Istilah penulisan font ini merujuk pada menirukan gaya handwriting/tulisan tangan. 


- Descender
Descender ini merupakan bagian huruf yang jatuhnya terletak dibawah baseline, pada huruf kecil misalnya pada huruf ‘p; ‘y’, dan ‘q’ dan kadang juga terdapat dalam huruf besar / kapital seperti pada huruf ‘J’ dan ‘Q’.


- Diacritical

Diacrirical meripakan aksen dari suatu huruf yang terdapat khusus seperti dalma bahasa Perancis, bahasa Ceko, dan bahasa Jerman dengan tujuan untuk menjalankan fungsi yang terdapat dalam glyph.


- Dingbat

Dapat juga disebut bunga-bunga printer, dingbat ini merupakan elemen hiasan yang bervariasi, dari simbol sederhana hingga simbol flora dan fauna.


- Drop cap
Suatu huruf kapital denga  ukuran sangat besar yang biasanya terdapat diawal paragraf terkadang huruf tersebut membesar kebawah mengambil dua atau lebih garis text dibawahnya, atau bisa juga memanjang/membesar keatas.

- Ear
 Goresan kecil yang bisa terdapat di huruf kecil ‘g’ setelah lengkungan bowl. Terkadang juga terdapat pada huruf kecil ‘r’.


- Ethel
Perpaduan dari huruf ‘o’ dan ‘e’.


- Em
Sering disebut sebagai 'Mutton' untuk membedakannya dari En, Em adalah ruang horisontal yang sama dengan ukuran titik teks.


- En
Sering disebut ‘Nut’, En adalah ukuran horisontal dari satu setengah ukuran Em. 


- Eye
Eye disini hampir mirip dengan Counter, tetapi eye lebih spesifik pada huruf ‘e’.


- Finial

Garis lancip atau runcing diujung goresan, biasanya terdapat pada huruf ‘e’ dan ‘c’.


- Fleuron
Suatu simbol bunga yang terdapat pada printer jadul untuk membantu menghiasi text.


- <font-face>
Tag HTML5 yang dapat membawa tipografi ke internet dengan secara otomatis typefaces telah berada di laman.

- Glyph
Sebuah tanda pada bagian font, baik itu dalam huruf, nomor, tanda baca ataupun dalam dingbat. Glyphs juga merupakan sususan block dalam tipografi.




Dikutip dari http://www.creativebloq.com/typography/what-is-typography-123652?page=1 dengan perubahan yang telah disesuaikan.
  • Blogger Comment
  • Facebook Comment

1 comments:

  1. Assalamualaikum wrb,saya Rahman saputrah, niat saya hanya ingin berbagi kebaikan khusus kepada orang yang mengalami kesusahan,percaya tidak percaya semua kembali pada pembaca postingan saya, awalnya saya seorang pengusaha yang bisa dibilang sukses, tapi banyak yang tidak suka kalau saya sukses,dan akhirnya bisnis saya bangkrut dan saya sempat jadi Pengangguran kurang lebih 1tahun saya punya anak 3 dan masih kecil2,saya sempat putus asa dan tidak tau mau berbuat apa, tapi setiap saya melihat anak saya, Saya merasa kasian, dan kemarin tampa disengaja ada Teman saya memberi saran dia menyarangkan saya untuk menghubungi Mbah jonoseuh, beliau memberikan bantuan Pesugihan, awalnya sih saya ragu tapi mau nggak mau saya beranikan diri mencoba bantuan dari Mbah jonoseuh. syukur Alhamdulillah dengan bantuan pesugihan beliau saya sekarang sukses kembali dan saya bisa biayai sekolah anak saya sampai selesai,terimah kasih Mbah berkat Mbah saya bisa sukses kembali,ini pengalaman pribadi saya khusus bagi teman2 yang sempat baca dan punya masalah silahkan hub Mbah jonoseuh di nomor 082344445588 dan pasti beliau bisa meringankan semuah permasalahan yang anda hadapi untuk saat ini, Dan terimah kasih kepada yang punya room ini karna saya sempat berbagi pengalaman dan mudah2han bisa membantu,

    ReplyDelete

Copyright © 2012 Orkha Creative All Right Reserved
Designed by CBTblogger