a

Monday, March 28, 2016

ISTILAH-ISTILAH DAN ATURAN DALAM TIPOGRAFI YANG HARUS DIKETAHUI OLEH PARA DESAINER (BAGIAN III)

- Grapheme
 Sangat mirip dengan glyph, tetapi …….. grapheme merupakan sebuah hal paten yang sudah ada dalam sebuah bahasa, seperti pada bahasa Cina (Mandarin).

- Gutter
Jarak / spasi antara halaman awal.

- Justified
Dalam sebuah paragraf dengan justified text, tidak ada ruang kosong putih di akhir sisi baris. Semua akan rapat pada kanan dan kiri text.

- Leading
Leading menggambarkan sebuah garis vertikal yang terletak diantara garis ketik.


- Loop
Bagian terendah dari huruf ‘g’ bisa disebut dengan loop atau lobe. Kadang juga disebut tail – huruf lain yang memiliki tail ini juga adalah huruf ‘y’.


- Logotype
Simbol huruf yang digunakan untuk sebuah tanda atau juga bisa disebut sebuah identitas. Logo type juga bisa diambil terpisah dari desain grafisnya.

- Ligature
Dua buah bnetuk huruf yang sama yang menyatu untuk menghasilkan sebuah glyph baru.

- Monospace
Font yang disetiap letterformnya memiliki space horisontal yang sama.

- OpenType
Didesain oleh Microsoft dan Adobe, OpenType telah berkembang dan berimprovisasi menjadi TrueType dan PostScript font.

- Orphan
Garis pertama dalam paragraf baru yang diletakkan di bawah halaman. Sesuai dengan namanya.

- Pica
Denan panjang 16 inci, pica ini merupakan kesatuan dari garis panjang dan lebar kolom. Terdapat 12 poin atau 16 pixel dalam 1 pica.

- Point
Strandart dari tipografikal dengan ukuran 1/12 pica atau 1/72 inci.

- Readability
Readability ini merujuk pada kemudahan setiap blok tulisan yang dapat dibaca oleh mata kita.

- Sidebearing
Ruang horisontal disetiap sisi letterform, yang memisahkan dari setiap huruf.

- Spine
Patahan utama dalam huruf kecil atau huruf kapital S.

- Stem
Sebuah garis vertikal,yang terdapat pada garis panjang dalam sebuah karakter.

- TDC
The Type Directors Club merupakan organisasi tipografi yang terdapat di New York.

- Tittle
Nama untuk dot atau titik yang terdapat di huruf ‘I’ dan ‘j’.


- Terminal
Jenis kurva yang terdapat pada akhir stroke. Contohnya termasuk bentuk tetesan air mata di: 'Finial, 'ball', 'beak' dan 'lachrymal'.

- x-height
Ukuran tinggi dari huruf kecil x pada setiap typeface. Yang membatasi ukuran detail glyph dan juga dari ascenders dan descenders.



Dikutip dari http://www.creativebloq.com/typography/what-is-typography-123652?page=1 dengan beberapa perubahan yang disesuaikan.

Artikel Sebelumnya
Ini adalah artikel terbaru
Older Post
  • Blogger Comment
  • Facebook Comment

1 comments:

  1. Assalamualaikum wrb,saya Rahman saputrah, niat saya hanya ingin berbagi kebaikan khusus kepada orang yang mengalami kesusahan,percaya tidak percaya semua kembali pada pembaca postingan saya, awalnya saya seorang pengusaha yang bisa dibilang sukses, tapi banyak yang tidak suka kalau saya sukses,dan akhirnya bisnis saya bangkrut dan saya sempat jadi Pengangguran kurang lebih 1tahun saya punya anak 3 dan masih kecil2,saya sempat putus asa dan tidak tau mau berbuat apa, tapi setiap saya melihat anak saya, Saya merasa kasian, dan kemarin tampa disengaja ada Teman saya memberi saran dia menyarangkan saya untuk menghubungi Mbah jonoseuh, beliau memberikan bantuan Pesugihan, awalnya sih saya ragu tapi mau nggak mau saya beranikan diri mencoba bantuan dari Mbah jonoseuh. syukur Alhamdulillah dengan bantuan pesugihan beliau saya sekarang sukses kembali dan saya bisa biayai sekolah anak saya sampai selesai,terimah kasih Mbah berkat Mbah saya bisa sukses kembali,ini pengalaman pribadi saya khusus bagi teman2 yang sempat baca dan punya masalah silahkan hub Mbah jonoseuh di nomor 082344445588 dan pasti beliau bisa meringankan semuah permasalahan yang anda hadapi untuk saat ini, Dan terimah kasih kepada yang punya room ini karna saya sempat berbagi pengalaman dan mudah2han bisa membantu,

    ReplyDelete

Copyright © 2012 Orkha Creative All Right Reserved
Designed by CBTblogger