a

Thursday, March 17, 2016

Istilah-Istilah dan Aturan Dalam Tipografi yang Harus Diketahui Oleh Para Desainer (Bagian I)

Kami akan menjelaskan mengenai konsep dasar dan istilah-istilah yang dapat kamu pahami dalam tipografi


Secara sederhana, tipografi adalah sebuah seni dan juga sebuah teknik dalam merangkai tulisan. Tujuan dari pekerjaan ini (tipografi) adalah kurang lebih untuk membuat sebuat kata terlihat lebih menarik untuk dibaca. Pilihan typeface dan bagaimana cara kamu dapat membuatnya lebih menarik baik dari sisi layout, grid, pewarnaan, tema desain dan apapun itu akan membedakan mana desain yang bagus, buruk dan juga desain yang sangat keren.

Terdapat banyak tutorial tipografi disekitar kita yang dapat membantumu untuk mengetahui langkah-langkahnya. Tetapi, tipigrafi yang bagus itu terkadang muncul dari sebuah ide kreatif. Ketika kamu telah menguasai teknik dasarnya, maka selanjutnya carilah referensi untuk mencari macam-macam font dan pelajari cara menyatukannya.

- pemilihan font
Terdapat banyak font yang cantik di situs-situs online ada yang berbayar maupun bisa diunduh secara gratis. Tetapi dengan adanya sumber yang besar berarti kita juga memiliki tanggung jawab yang tinggi. Hanya karena kamu bisa memilihnya dari milikmu sendiri di komputer pribadi bukan berati kamu harus menggunakan yang itu-itu saja.

Sebuah typeface, diciptakan oleh seorang pengrajin (pembuat huruf) selama kurun waktu yang tak menentu, mereka menggunakan keahlian mereka dan pengalaman yang telah mereka kembangkan selama beberapa tahun tersebut. Dan keuntungan dari pembuatn huruf secara professional tersbut – menghasilkan sebuah kesatuan huruf yang indah, multi-bahasa yang dapat mendukung karakter internasional, ekspresif jika di padupadankan dengan berbagai macam pengaturan pengetikan, maka dari itu banyak huruf yang tidak tersedia secara gratis.

Berikut beberapa hal penting dalam dunia tipografi untuk para desainer profesional dan patut di perhatikan.

1. Ukuran
Semua typeface tidak diciptakan dengan ukuran yang sama, beberapa dari mereka mempunyai ukuran yang besar dan lebar, ada juga yang berukuran kecil dan tipis. Maka setiap typeface yang ada memiliki perbedaan jumlah spasi ditiap halamannya.

Tinggi untuk tiap karakter huruf lebih dikenal dengan nama 'x-height'. ketika kita menyatukan typeface – misalnya kita menggunakan face huruf yang berbeda untuk menunjukkan area yang dikhusukan menjadi pusat erhatian – maka biasanya digunakan 'x-height'. dan untuk tingkat kelebaran masing-masing huruf bisa disebut dengan ‘set width’, dimana ditiap lekukan atau perpanjangan dari tubuh huruf dijadikan untuk penyangga huruf yang lain.

2. Leading
Leading disini dimaksudkan pada ruang vertical antara setiap garis dari setiap huruf. Mengapa diberi nama seperti itu? Karena setiap garis awal digunakan untuk memisahkan baris ketik zaman typesetting logam.

Untuk tulisan yang mudah dibaca, aturan umum yang harus digunakan adalah nilai leadingmu harus lebih besar dan lebih ‘wah’ daripada ukuran huruf yang lain, seperti 1.25 atau 1.5 kali lebih besar.

3. Tracking dan kerning
Kerning disini maksudnya adalah jarak antar karakter untuk membuat sebuah harmonisasi satu sama lain. Contohnya, ketika huruf besar ‘A’ bertemu dengan huruf besar ‘V’, garis diagonal mereka biasanya ‘kerned’ jadi pada ujung kiri atas huruf ‘V’ akan berada lurus dengan ujung kanan bawah huruf ‘A’.

Kerning dan trancking mempunyai ciri-ciri yang sama, tetapi sebenarnya mereka berbeda.

4. Pengukuran
Dalam aturan pengukuran berkaitan dengan optimalisasi huruf untuk bisa dibaca dengan jelas, hal ini merupakan hal terpenting dalam tipografi.

5. Hirarki dan skala
Jika semua tipe huruf mempunyai ukuran yang sama, makan kemudian akan sangat sulit menemukan informasi terpenting dalam sebuah halaman. Untuk menunjukkan kepada pembaca mengenai hal itu, sebuah heading biasanya diketik dengan ukuran yang lebih besar, sub-heading sedikit lebih kecil dan bagian badan tetap kecil seperti biasanya.

Ukuran tidak hanya menunjukkan sebuah hirarki – hal itu juga bisa ditunjukkan dengan warna, spasi, dan lebar huruf.


Dikutip dari http://www.creativebloq.com/typography/what-is-typography-123652 dengan beberapa perubahan bahasa yang disesuaikan.

  • Blogger Comment
  • Facebook Comment

1 comments:

  1. Assalamualaikum wrb,saya Rahman saputrah, niat saya hanya ingin berbagi kebaikan khusus kepada orang yang mengalami kesusahan,percaya tidak percaya semua kembali pada pembaca postingan saya, awalnya saya seorang pengusaha yang bisa dibilang sukses, tapi banyak yang tidak suka kalau saya sukses,dan akhirnya bisnis saya bangkrut dan saya sempat jadi Pengangguran kurang lebih 1tahun saya punya anak 3 dan masih kecil2,saya sempat putus asa dan tidak tau mau berbuat apa, tapi setiap saya melihat anak saya, Saya merasa kasian, dan kemarin tampa disengaja ada Teman saya memberi saran dia menyarangkan saya untuk menghubungi Mbah jonoseuh, beliau memberikan bantuan Pesugihan, awalnya sih saya ragu tapi mau nggak mau saya beranikan diri mencoba bantuan dari Mbah jonoseuh. syukur Alhamdulillah dengan bantuan pesugihan beliau saya sekarang sukses kembali dan saya bisa biayai sekolah anak saya sampai selesai,terimah kasih Mbah berkat Mbah saya bisa sukses kembali,ini pengalaman pribadi saya khusus bagi teman2 yang sempat baca dan punya masalah silahkan hub Mbah jonoseuh di nomor 082344445588 dan pasti beliau bisa meringankan semuah permasalahan yang anda hadapi untuk saat ini, Dan terimah kasih kepada yang punya room ini karna saya sempat berbagi pengalaman dan mudah2han bisa membantu,

    ReplyDelete

Copyright © 2012 Orkha Creative All Right Reserved
Designed by CBTblogger