a

Wednesday, January 7, 2015

Pengguna Muda Facebook Terus Merosot



fenomena facebook

Menurut mashable.com (7/1/15), remaja meninggalkan Facebook karena tidak lagi merasa aman dan kurang mendapat kebahagiaan dari jaringan sosial tersebut.

Indikasi bahwa remaja mulai meninggalkan Facebook sebenarnya sudah tercium sejak Januari 2014 silam. Menurut laporan iStrategyLabs, fenomena pengguna muda yang meninggalkan laman buatan Mark Zuckerberg ini, hampir terjadi di seluruh dunia. Tak heran apabila banyak pihak, termasuk investor Facebook sendiri, merasa bahwa masa jaya Facebook di kalangan remaja sudah lewat.

Berdasarkan data yang diambil di Amerika Serikat oleh businessweek.com, hanya 88% pengguna setia Facebook aktif yang berumur 13-17 tahun di tahun 2014. Jauh lebih rendah dibandingkan hasil survei pada 2013 yang mencapai 94% dan 95% di 2012.

Meskipun persentase tersebut masih terbilang tinggi, Facebook harus berhati-hati karena penurunan persentase sudah melebihi 5%. Jika hal ini tidak diwaspadai, posisi Facebook jelas terancam oleh media sosial lainnya, misalnya Twitter. Pengguna Twitter di rentang usia yang sama di tahun 2014 malah melonjak 2% dari persentase di tahun 2013 yang hanya 46%.

Banyak pihak menilai, penyebab mulai ditinggalkannya Facebook oleh remaja adalah pengamanan yang kurang. Berdasarkan penelitian, hanya 9% dari peneliti yang menyebut Facebook cukup aman dan terpercaya. 18% remaja juga setuju Facebook tidak terlalu seru.

Namun, Facebook tetaplah Facebook. Mereka tidak pasrah begitu saja dengan fakta ini. Langkah konkrit lain sudah mereka upayakan untuk mengembalikan kejayaan mereka, seperti dengan mengakuisisi Instagram dan WhatsApp.


Sumber gambar: huffpost.com
  • Blogger Comment
  • Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment

Copyright © 2012 Orkha Creative All Right Reserved
Designed by CBTblogger