a

Tuesday, January 6, 2015

Negara Mana Saja yang Internetnya Paling Merdeka dan Sengsara





Internet memang gudangnya informasi. Sifatnya yang cepat dan murah memang sangat menggiurkan bagi pelajar, pebisnis, hingga instansi pemerintah. Namun, masih ada negara yang membatasi penggunaan internet di wilayahnya.

Untung saja Indonesia tidak termasuk dalam daftar negara yang internetnya dibatasi. Sayangnya, kita juga tidak bisa terlalu berbangga karena masih jauh tertinggal dari negara lain soal kebebasan menggunakan internet.

Seperti dilansir dari mashable.com (6/1/15), masih ada wilayah di beberapa benua yang aktivitas internetnya diawasi ketat oleh pihak berwenang setempat. Reportase yang dilakukan dan dilaporkan oleh Freedom House, sebuah organisasi pengawas independen, menunjukkan hasil yang cukup mengejutkan. Dari 65 negara yang dipantau, ada 36 negara yang "lintasan" internetnya tersendat. Hal ini dikarenakan beberapa faktor, seperti diblokirnya situs jejaring sosial dan intimidasi pada jurnalis maupun aktivis dunia maya.

Reportase ini menyorot tiga faktor utama dalam menilai kebebasan dalam menggunakan internet: halangan dalam mengakses internet, pembatasan konten, dan pelanggaran hak pengguna. Freedom House menjalankan investigasi ini tersebut dilakukan sepanjang Mei 2013 sampai Mei 2014.

Hasilnya, Iran menduduki posisi pertama sebagai negara yang kebebasan internetnya terburuk di dunia. Meskipun di pertengahan tahun 2013 pemerintah setempat sudah mulai menggunakan media sosial, masyarakat Iran belum memiliki akses ke media sosial yang dinilai pemerintah cukup rawan memunculkan muatan politis, seperti Twitter dan Facebook.

Di belakang Iran, masih ada Suria, Tiongkok, Kuba, Ethiopia dan Uzbekistan yang menduduki zona "merah" tersebut.

Sedangkan penduduk Islandia menjadi netizen yang paling beruntung karena kemerdekaan mereka dalam mengakses internet benar-benar terjamin. Di negara yang terletak di Eropa ini, hampir tidak ada platform media sosial yang diblokir. Sebanyak 97 persen rumah di Islandia pun sudah terkoneksi dengan internet.

Berikut diagram yang memaparkan fakta temuan Freedom House tersebut:



Sumber gambar: funnymalaysia.net
  • Blogger Comment
  • Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment

Copyright © 2012 Orkha Creative All Right Reserved
Designed by CBTblogger