a

Tuesday, November 11, 2014

Ternyata, Hanya 40% Bawahan yang Mempercayai Atasannya



seorang pemimpin yang baik harus


Sudahkah Anda yakin setiap manuver Anda di perusahaan didukung sepenuhnya oleh karyawan Anda?

Apabila Anda belum benar-benar yakin, coba pertimbangkan hasil riset dari Interaction Associates ini, seperti dilansir oleh Mashable.

Ada lebih dari 500 karyawan dari beragam industri dari seluruh dunia yang menjadi responden dalam riset tersebut. Hasil yang didapat pun cukup mencengangkan. Ternyata, cuma 40% bawahan yang memiliki kepercayaan yang tinggi pada atasannya, baik pada atasan secara personal maupun pada direksi atau dewan. Hal ini pun didukung oleh fakta lainnya, yaitu 54% karyawan merasa lebih nyaman apabila menumpahkan isi kepala dan perasaannya pada sesama karyawan daripada atasannya.

Riset di atas selayaknya menjadi fokus Anda demi kepentingan dan kemajuan perusahaan. Apabila dari dalam perusahaan saja kepercayaan tidak dipupuk dengan baik, bagaimana Anda bisa menuai kepercayaan konsumen?

Untuk itu, ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan sebagai atasan untuk meraih kepercayaan bawahan Anda, seperti:

1. Meminta masukan tentang keputusan perusahaan yang menyangkut karyawan,

2. Membeberkan latar belakang masalah yang dihadapi perusahaan, agar mereka mengetahui jalan keluar mana yang baiknya ditempuh dan tetap menguntungkan banyak pihak,

3. Menyokong kesuksesan pegawai, dengan memberikan pelatihan maupun menyediakan media penunjang yang mereka butuhkan untuk berkembang,

4. Mengakui dan meminta maaf dengan tulus apabila telah berbuat salah,

5. Tidak menghukum karyawan yang sudah menyebarkan isu dan gosip yang destruktif pada internal maupun eksternal perusahaan.


Jadi, sudah siapkah Anda menjadi seorang pemimpin yang baik (atau lebih baik dari sekarang)?


Image credit: fastcompany.net
  • Blogger Comment
  • Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment

Copyright © 2012 Orkha Creative All Right Reserved
Designed by CBTblogger