a

Monday, November 10, 2014

11 Cover Album Musik Paling Keren 2014



Kemampuan bermusik seorang musisi sebenarnya tidak terlalu berhubungan dengan pemahaman musisi tersebut akan desain yang apik.

Tapi faktanya, masih ada golongan tertentu di dunia ini yang mau membeli (atau sekedar mendengarkan) sebuah album musik berdasarkan sampul albumnya saja. Apabila Anda seorang musisi, rasanya mulai saat ini, Anda perlu mempertimbangkan untuk membuat album art yang keren. Minimal, buatlah visualisasi sampul album yang keren untuk menunjang komposisi nada dan esensi lirik dalam karya seni Anda. Setuju?

Sebagai referensi, di bawah ini Anda akan menemukan 11 cover album musik paling keren sepanjang tahun 2014:


1. Little Dragon - Nabuma Rubberband

kids for album cover music

Band beraliran electronic ini, menampilkan gambar gadis kecil yang sedang melayang pada album terbarunya berjudul Nabuma Rubberband. Di sampul album tersebut, tampak background sebuah kota yang memudar dan seorang anak yang seakan-akan sedang mengepakkan sayapnya ditampilkan dengan kontras yang lebih cerah. Filosofi singkat yang tergambar ialah anak tersebut sedang bangkit dan menuju kedigdayaannya di masa depan.


2. Feadz - Instant Alpha

photography for album cover

Konsep sampul album yang unik juga dimiliki oleh Feadz. Musisi yang bernama asli Fabian Pinata ini menunjukkan bukti perjalanannya yang berserakan. Ternyata, selain menampilkan kemampuan bermusik lewat album Instant Alpha, Feadz juga ingin memamerkan hobinya, yaitu travelling

Barangkali ada yang ingin mengundang Feadz ke tempat yang belum pernah ia datangi agar koleksi boarding pass-nya bertambah? 


3. Tycho - Awake

subtle colors album art

Scott Hansen, yang lebih dikenal sebagai Tycho, tahun ini meluncurkan album keduanya, Awake. Aliran Tycho dalam bermusik yang cenderung post-rock, sedikit-banyak tercermin dalam sampul albumnya yang halus dan minimalis.

Usaha Tycho di album ini bisa dibilang luar biasa. Selain mengomposisi lagu, ia juga mendesain sampul albumnya sendiri.


4. Schoolboy Q - Oxymoron

scary thriller album art

Rapper asal California, Amerika Serikat, Schoolboy Q, telah merilis album yang dinaungi major label pertamanya selama berkarir di industri musik. Maka dari itu, ia tak ingin setengah-setengah saat bermusik, termasuk dalam hal desain sampul albumnya. 

Kerennya lagi, Schoolboy Q juga melibatkan anak perempuannya dalam artwork album Oxymoron. Potret seorang gadis yang sedang berpose dingin di sisi sampul album yang berbeda itu adalah anak Schoolboy Q.

album art that have kids


5. Wild Beasts - Present Tense

cool album art design

Menggabungkan warna, ilustrasi, dan fotografi, sampul album Wild Beasts cukup menarik perhatian secara sekilas. Desain ini pun sudah menghiasi album art dari setiap single yang lebih dulu mereka luncurkan dan selalu muncul setiap mereka melakukan tur. Keputusan untuk melakukan konsistensi desain dari band ini pantas untuk diapresiasi bersama.

Pemilihan font Futura pun dinilai cukup tepat dan padu dengan album cover tersebut.


6. Blu - Good to be Home

cool illustration for album art

Sebuah ilustrasi yang bertolakbelakang dari potret sosial yang sekarang sedang berlaku menjadi pilihan Blu untuk menghiasi sampul albumnya. Tampak, lima anggota geng sedang berpose bersama dan seorang polisi dengan senang hati mengambil gambar mereka dengan sebuah kamera. Sinisme yang luar biasa, bukan?

Silakan Anda simak kelanjutan protes sosial Blu dalam album Good to be Home.


7. Liars - Mess

cool photography for album cover

Artwork keren untuk sampul album ini didesain sendiri oleh punggawa Liars. Dengan memanfaatkan puluhan gulungan benang wol yang berwarna-warni, mereka cukup berani mendefinisikan kata 'mess' dengan cara yang indah dan artistik.


8. Mogwai - Rave Tapes

cool album art inspiration

Style geometris yang ada di sampul album terbaru Mogwai, Rave Tapes, mengingatkan pada tren desain yang populer di sekitar tahun 1970-an. Artwork ini didesain oleh Dave Thomas, yang dengan brilian menginterpretasikan unsur rock di musik Mogwai pada sampul albumnya.


9. Tacocat - NVM

tacocat album art

Apabila Anda mencermati cover album terbaru milik Tacocat di atas, Anda akan menemukan judul dari album tersebut. Album kedua Tacocat ini ternyata tidak hanya terlihat keren karena memainkan kontras warna dengan baik, tetapi juga bisa dijadikan media untuk tes kewaspadaan mata Anda terhadap warna. Benar begitu, bukan?


10. The Black Keys - Turn Blue

the black keys album art

Tak diragukan lagi, album kedelapan The Black Keys ini sangat eye-catching. Album art ini mengingatkan kita pada gambar tiga dimensi yang juga bisa menjadi 'mind control'. Michael Carney yang menjadi dalang di balik lahirnya desain ini, ternyata adalah saudara drummer The Black Keys, Patrick.


11. Todd Terje - It's Album Time

todd terje cover album

Gambar di atas sekilas lebih mirip ilustrasi di majalah atau koran daripada album terbaru dari Todd Terje. Tapi keberaniannya untuk melakukan terobosan terbaru dalam desain sampul album tidak berujung sia-sia, karena ilustrasi ini ternyata sangat mudah menarik perhatian di antara tumpukan CD musik. Bendik Kaltenborn, sahabat Todd Terje, adalah ilustrator yang membuat ilustrasi musisi borjuis di album tersebut.


Apakah Anda punya sampul album musik favorit tersendiri? Silakan bercerita di kolom komentar.


Sumber:
mashable.com
  • Blogger Comment
  • Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment

Copyright © 2012 Orkha Creative All Right Reserved
Designed by CBTblogger