a

Wednesday, October 29, 2014

5 Kesalahan Saat Mengemas Produk Jualan



desain pengemasan produk paling bagus


Apakah Anda merasa akhir-akhir ini profit 'online shop' Anda menurun? Bisa jadi, hal ini dikarenakan Anda tidak mempertimbangkan pengemasan yang layak juga memanjakan mata khalayak.

Seperti dilansir oleh creativebloq.com, ada lima kesalahan mendasar saat pelaku bisnis online mengepak produknya. Kesalahan mendasar ini pun bisa membuat konsumen meremehkan dan menjauhi produk Anda, yang mungkin saja, punya potensi besar untuk merajai pasar.

Faktanya, ketidakseriusan pelaku usaha untuk melakukan totalitas dalam berbisnis, seperti dengan berinvestasi pada desain, bisa memiliki dampak domino yang dapat mengancam kelangsungan bisnis mereka sendiri ke depannya.

Agar produk Anda tetap bisa berjaya di pasar dunia maya, ini kesalahan pengemasan produk yang tidak boleh Anda lakukan:


1. Desainnya Terlalu Mendetail

contoh produk yang kemasannya bagus


Mungkin, menyertakan desain kemasan yang penuh detail terlihat sangat keren di mata pembeli. Namun, desain seperti itu hanya cocok untuk kemasan produk yang dipajang di etalase supermarket atau minimarket, di mana calon pembeli bisa mengamati setiap detail kemasan Anda secara menyeluruh, dan bukan untuk etalase maya.

Detail a la tipografi seperti pada kemasan di atas memang terlihat mahal dalam genggaman tangan Anda. Sayangnya, saat Anda hanya bisa melihatnya dalam format .JPG dan ukurannya hanya 200x200 piksel, desain tersebut terasa mubazir karena tidak terlihat sama sekali.


2. Kurang Menonjolkan Selling Point

tips mengemas produk

Dua contoh teknik pengemasan produk di atas, bisa menjadi pembelajaran yang baik untuk pemahaman Anda tentang product packaging. Kemasan The Bean Company yang ada di sebelah kiri, misalnya, memiliki terlalu banyak ikon atau elemen desain lain, sehingga visibilitasnya pun sangat rendah. Hal yang ditawarkan pada para pengunjung website yang memajang produk tersebut pun tidak ketara.

Sebaliknya, Anda bisa meniru bagaimana Equal Exchange Coffee melakukan pengepakan produk. Meskipun terlihat kecil dari layar gadget Anda, selling point yang mereka tonjolkan cukup jelas dan tetap bisa terbaca, karena kontras warna benar-benar dimainkan di sana. Bisakah Anda menangkap keunggulan produk yang berusaha diutarakan Equal Exchange Coffee di kemasannya?


3. Tidak Menonjolkan Merek

cara mengemas produk yang menarik

Saat rentetan produk berbaris rapi di supermarket, mungkin mata kita akan lebih mudah tertarik untuk mencaritahu merek apa yang menjual produk tersebut. Teknik yang sedikit memanfaatkan trik mata ini seringkali Anda jumpai pada metode pengemasan produk makanan.

Sayangnya, toko online tidak memiliki tata letak yang serupa dengan toko riil, sehingga dominasi merek pun akan memudar di dunia maya.

Produk yang sudah terkenal seringkali menampilkan produknya menyerupai tembok dengan warna yang beragam. Tetapi saat ditampilkan pada situs online shop, hanya background putih yang seringkali dipakai. Nah, sudah jelas kan apabila hal ini bisa melemahkan ketertarikan mata calon pembeli terhadap produk dan merek produk Anda.


4. Tampilan yang Monoton

pengemasan barang yang tepat untuk berjualan

Deretan produk deterjen di atas sangat sulit untuk dibedakan satu sama lain, karena secara fisik, produk mereka terlihat sejenis.

Jadi, apabila kompetitor Anda memiliki desain yang sama bagusnya, maka Anda sebaiknya membedakan diri dengan mengadopsi wadah atau kemasan yang berbeda untuk produk Anda.


5. Kemasan Produk Tidak Cocok untuk Dikirimkan (Shipping)

kemasan produk

Saat barang yang sudah Anda tebus dari online shop favorit Anda datang, rasanya Anda seperti mendapatkan 'kado'. Meskipun secara teknis, barang tersebut memang dari Anda dan untuk Anda.

Namun, ada kalanya kegembiraan Anda luntur saat mendapati barang yang sudah Anda idam-idamkan dibingkis dengan tidak menarik.

Bagi Anda pelaku bisnis online shop, janganlah terlalu fokus pada kegiatan menjual saja. Lebih baik, belajarlah dari pengalaman ini agar Anda bisa mengantarkan produk pesanan pembeli dengan aman plus menyenangkan secara visual dengan desain kemasan produk yang menarik. Dijamin, hati pembeli Anda akan semakin berbunga-bunga sejak detik pertama bingkisan produk Anda sampai di rumah mereka.


Itu dia beberapa kesalahan mendasar yang masih sering dilakukan pebisnis online saat mengemas produknya.
  • Blogger Comment
  • Facebook Comment

2 comments:

  1. Kami RAJA RAK MINIMARKET, menjual berbagai macam rak seperti rak minimarket, rak toko, rak supermarket, rak gudang, meja kasir, rak galon, dll ke seluruh Indonesia. Kantor kami berada di Jakarta, tepatnya di Kp.Rambutan, Jakarta Timur, DKI Jakarta, Telp : 021-87786434, 87786435, 87786436, 87787047, Website : http://www.rajarakminimarket.com, www.rajaraksupermarket.com, www.rakgudangjakarta.com dan www.rakgudangheavyduty.com

    ReplyDelete
  2. Semoga ini pembelajar untuk saya agar lebih baik dalam memasarkan produk showcase chiller. Terima Kasih mas atas informasinya.

    ReplyDelete

Copyright © 2012 Orkha Creative All Right Reserved
Designed by CBTblogger