a

Monday, June 23, 2014

6 Aktivitas Bermanfaat di Hari Jumat




Para tenaga kerja yang sukses selalu melakukan hal-hal ini, sambil bersyukur karena bisa bertemu hari Jumat lagi.

Siapa yang tidak ingin menikmati weekend yang menyenangkan sekaligus menjaga semangat tetap membara untuk menjalani rutinitas di minggu depan?

Ternyata, jawaban dari pertanyaan di atas ada pada bagaimana Anda memanfaatkan hari Jumat Anda.

Sebagai awal dari libur akhir minggu, tak heran mengapa hari Jumat begitu dicintai. Anda mungkin tidak sabar ingin menjauh sebentar dari 'teror' atasan dan klien, mengisi ulang ide, atau sekedar melepaskan diri dari rutinitas. Tak heran, Jumat sering menjadi 'hari pembalasan', dimana Anda bisa bebas melakukan apa saja setelah melalui lima hari yang melelahkan.

Tetapi, hal ini bukan berarti Anda bisa bertindak semena-mena pada hari Jumat. Malah sebaliknya, hari Jumat harus mendapatkan perlakuan spesial agar Anda lebih siap menghadapi Senin depan. Preston Lee, kontributor graphicdesignblenders.com, sudah merangkum enam kegiatan yang memiliki nilai faedah tinggi untuk Anda lakukan setiap weekend menjelang:


1. Rapikan Ruang Kerja Anda

Tidak peduli apakah Anda pekerja kantoran yang memiliki ruang dan meja khusus atau freelancer yang bekerja di rumah atau coffeshop terdekat, Anda harus selalu memiliki workspace yang bersih dan siap pakai.

Nah, hari Jumat adalah hari yang tepat bagi Anda untuk melakukan kerja bakti, mulai dari menghilangkan tumpukan kertas-kertas yang sudah tidak terpakai dari meja, membersihkan debu yang menempel pada laptop, menghapus file yang sudah kadaluarsa, mengosongkan Recycle Bin, dan lainnya.

Mengapa hal ini perlu Anda lakukan? Alasannya sederhana, agar ketika Anda mengulangi kembali rutinitas Anda Senin mendatang, pikiran segar yang sudah susah-susah Anda bangun saat akhir pekan tidak kembali berantakan.


2. Jangan Bawa Pekerjaan Pulang

Berada di rumah saat akhir pekan bukanlah jaminan Anda akan bebas gangguan. Kemungkinan Anda 'dihantui' oleh atasan atau klien saat sedang bersantai di rumah sangat besar.

Siapa sih yang suka menerima SMS atau telepon atau email untuk mengerjakan kewajiban yang seharusnya bisa Anda selesaikan di jam kerja kemarin, tetapi lupa Anda lakukan? Tidak ada, bukan?

Oleh sebab itu, sebelum meninggalkan hari Jumat, lakukan konfirmasi dan pengecekan ulang pada atasan dan klien Anda. Dengan melakukan hal sepele seperti ini, kemungkinan mood Anda akan hancur saat weekend pasti berkurang drastis.


3. Rencanakan Minggu Depan

Banyak orang yang tak sabar untuk segera kabur ketika hari Jumat datang menghampiri. Mereka ingin lekas memulai weekend yang sudah mereka idam-idamkan selama weekdays. Namun, mengonsumsi 30 menit sebelum berhura-hura di akhir pekan untuk menyusun strategi dan proyek apa yang akan Anda kerjakan minggu depan akan sangat berguna bagi Anda.

Diharapkan, saat Anda kembali bekerja pekan depan, Anda tidak akan hilang arah dan tinggal mengikuti alur yang sudah Anda buat Jumat lalu. Anda pun berpeluang terhindar dari stres dan tekanan saat bekerja berkat visi dan misi yang sudah Anda matangkan.


4. Evaluasi

Hari Jumat tercipta bukan hanya untuk mengajak Anda menatap hari esok, tetapi juga untuk memperkuat dan membantu Anda menjadi pribadi yang lebih sukses di pekan depan. Mengevaluasi apa saja yang sudah Anda lakukan seminggu lalu penting dilakukan supaya Anda lebih siap menjalankan rutinitas ke depannya sebagai pekerja yang berkembang.

Caranya bisa dengan melakukan 'self-assessment', dengan cara menjawab pertanyaan-pertanyaan fundamental yang Anda ajukan sendiri. Apabila Anda bisa menjawab 'ya' atau 'sudah' dengan yakin, berarti kinerja Anda sudah maksimal, kalau tidak, sesuaikan lagi rencana pekan depan Anda dan benahi apa yang kurang berhasil. Pertanyaan seperti di bawah ini bisa Anda terapkan dalam proses 'self-assessment':

- Apakah Anda sudah menyelesaikan semua target Anda yang sudah Anda rencanakan minggu lalu?
- Apakah Anda mempelajari sesuatu yang baru?
- Sudahkah Anda mengingat dan memahami 'pelajaran' tersebut agar tidak kembali belajar untuk yang kedua kalinya?
- dan sebagainya.


5. 'Selesai Sekarang' atau 'Selesai Cepat'

Masih banyak orang di luar sana yang bekerja berlarut-larut pada hari Jumat di kantor atau di rumah, entah itu dengan tujuan untuk menyelesaikan deadline minggu tersebut atau minggu depan. Paham seperti ini sebenarnya cukup menyesatkan dan dapat berdampak buruk pada kurang maksimalnya seseorang dalam menikmati hari liburnya.

Padahal, orang-orang sukses malah melakukan hal yang sebaliknya. Hanya ada dua hal yang biasa mereka lakukan di hari Jumat: menyelesaikan pekerjaan hingga benar-benar tuntas di tempat atau pulang lebih awal untuk menghindari jam kerja sisa yang kurang efektif.

Pilih 'selesai sekarang' atau 'selesai cepat'? Itu saja.


6. Berhenti Bekerja

Bekerja, bagi beberapa orang, sudah menjadi candu. Terkadang, sekelompok orang ini terbiasa bekerja hingga larut setiap harinya; bahkan berani meninggalkan kesempatan beristirahat saat weekend.

Fisik manusia, seperti yang Anda tahu, tidak diciptakan untuk melakukan pekerjaan tanpa henti. Jika Anda sudah terlanjur berada dalam situasi seperti itu, paksa diri Anda untuk menjauh dari rutinitas, kemudian beristirahatlah atau berelaksasi dan menghabiskan waktu dengan orang-orang tercinta untuk menyongsong hari Senin yang lebih cerah.


Image credit: mr-yen.com
  • Blogger Comment
  • Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment

Copyright © 2012 Orkha Creative All Right Reserved
Designed by CBTblogger