a

Thursday, May 22, 2014

5 Logo yang Tak Terlupakan



Sudah hal mutlak bagi setiap perusahaan untuk memiliki logo. Selain sebagai identitas, logo perusahaan besar berikut ternyata sudah terlanjur melekat di benak masyarakat sedunia. 

Berikut lima logo yang tidak mudah ditanggalkan dari ingatan kita:


1. Playboy

Didirikan pada Desember 1953 oleh Hugh Hefner, Playboy sudah meraih kesuksesan dan popularitas yang sulit disaingi oleh majalah dewasa lainnya. Playboy memiliki hubungan yang sangat dekat dengan logo kelinci berdasi kupu-kupu buatan Art Paul itu. Hebatnya, sejak awal berdiri, Playboy mempertahankan logo tersebut hingga sekarang. Tak ayal, simbol kelinci dari dulu identik dengan karakter lelaki penggoda seperti yang sekarang kita amini bersama.

Pemilihan kelinci sebagai ikon Playboy, menurut Art Paul, bermula dari sifat natural hewan yang lincah dan suka bermain-main. Di sisi lain, kesan sensual dan nakal juga terpancar dari mamalia berbulu itu. Untuk kepentingan bisnis, logo Playboy diakui sebagai merek dagang yang kuat. Paduan ikon kelinci berdasi berwarna hitam itu mengesankan karakter yang menyenangkan, menawan, dan bersemangat. Cocok sekali untuk menggambarkan watak lelaki dewasa yang nakal, namun juga bisa meluluhkan hati wanita dalam waktu bersamaan.


2. Apple

http://images.boomsbeat.com/data/images/full/223/apple-logo-jpg.jpg

Kita sudah mengenal iPod, iPhone, Macintosh, QuickTime dan lain sebagainya berkat Apple. Apple Inc. saat ini sudah menjadi perusahaan yang terdepan dalam inovasi teknologi. Ada kisah unik dibalik terciptanya logo Apple. Ternyata, logo Apple yang paling awal berupa sketsa Sir Issac Newton yang sedang duduk di bawah pohon apel, kejadian yang melatarbelakangi lahirnya teori gravitasi. Seiring berjalannya waktu, perusahaan yang didirikan oleh Steve Jobs, Steve Wozniak, dan Ronald Wayne ini merubah logonya menjadi lebih modern dan simpel, nan unik.

http://worldofdtcmarketing.com/wp-content/uploads/2014/05/Apple-logo.jpg

Karakter logo Apple saat ini adalah buah apel yang digigit bagian kanannya. Berdasarkan penuturan pembuat logonya, Rob Janoff, tampilan seperti itu ditujukan agar buah tersebut terkesan sebagai buah apel, bukan buah ceri atau yang lain. Logo Apple terbaru ini didesain tanpa mengikutsertakan font, karena tampilan logonya saja sudah cukup mengacu pada Apple Inc.


3. Adidas

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEj_GpgDNtS-xjhz9ItSBPktfQwRtoI1zZduSijhkAfz5GJ5TOI7lpWbTf2kpEs9sDySD1kw-qAk-jBJ-Sj6YUM-7oHeRG-bpraumii7yHlRZD5j8OTW0mWKXlMsx7GNUBUWS3WhznPjuDU/s1600/untitledb.bmp


Sebagai salah satu sport apparel terkemuka sejagat, logo Adidas merepresentasikan daya tahan yang luar biasa dan kesan elegan. Tiga garis paralelnya mengibaratkan puncak gunung di depan kita yang harus ditaklukkan agar cita-cita kita menjadi nyata. Warna hitam di logo Adidas memotivasi generasi muda untuk menghidupkan semangat berolahraganya. Font yang terpampang di logo Adidas sangat minimalis, namun tetap berkesan. Kesan simpel di logo Adidas juga tercerminkan pada produk-produknya, yang tetap mempertahankan desain yang sederhana dan tetap inovatif.

Logo yang filosofinya sangat aplikatif untuk memperkuat mental para olahragawan ini didesain oleh Dassler bersaudara, Adi dan Rudolf, yang juga pendiri Adidas.


4. Harley Davidson

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEj96iG7qrCWPEI1qqCsJ9DEb03GXDSQyxuhICmbg36SC6iedwMIpjl0PYhfQzHtzxqDj5yb8f5twgfAL9DUtTIkMu8hhoFVx7pJS5dCTmi_-Oabg8_DlpFurUFshAbUa4fFZqSZ4jDkX6k/s1600/harley+davidson+logo+08.jpg

Lelaki mana yang tak ingin terlihat lebih gagah dengan cara mengendarai motor Harley Davidson
Harley Davidson sudah lama dikenal sebagai simbol keberanian dan kegagahan lelaki. Bahkan saat ini, logo Harley Davidson tidak hanya terpampang pada motornya, tetapi juga pada kaos, gesper sabuk, jaket, hingga pulpen. Sebuah bukti bahwa logo Harley Davidson yang terdapat pada properti sehari-hari dipercaya dapat meningkatkan kejantanan empunya.

Logo Harley Davidson sudah ada sejak 1910 tanpa adanya perubahan besar di dalamnya. Cerminan kesederhanaan dan kegarangan dari logo Harley Davidson terbukti sudah membawa perusahaan yang didirikan oleh William Harley beserta Arthur, Walter, dan William Davidson melewati lebih dari 100 tahun perjalanannya dengan kemenangan besar. Bentuk dasar logo ini berupa balok dan tameng, yang menjadi representasi dari sifat menarik dan tegas. Dari segi warna, logo Harley Davidson mengandung makna solidaritas dan elegan akibat kontras yang kuat dari kombinasi warna hitam, putih, dan oranye. 


5. McDonald’s

Tercatat sebagai restoran cepat saji tersukses di dunia, McDonald’s terus gencar dalam berekspansi. Kemudahan dalam menyebarkan identitas branding ini dikarenakan produk manajemennya yang apik juga karena kekhasan logo yang sudah melekat di masyarakat dunia. Dibuat oleh Jim Schindler pada 1962, logo restoran yang identik dengan badut bernama Ron itu memunculkan stigma kuat untuk ekpansi bisnis multinasional. McDonald’s juga berlabel bagian dari penyebaran kultur Amerika atau Amerikaisme.

http://bearfoot-graphics.co.uk/wp-content/uploads/McDonalds.jpg

Bentuk logo McDonald’s terlihat luwes dan berkarakter. Simbol berwarna emas yang membentuk huruf ‘M’ itu awalnya dibuat secara tidak sengaja, namun nyatanya, sekarang bisa merepresentasikan McDonald’s dengan cara termudah. Itulah salah satu kurva yang paling ikonik dalam sejarah. Kombinasi warna emas dan merah merepresentasikan kekuatan dari korporasi itu. Di bawah logo ‘M’, tertulis nama dari perusahaan yang didirikan pada tahun 1940 itu. Font yang membentuk tulisan McDonald’s itu memang terlalu sederhana, tetapi sudah cukup atraktif dan berhasil mendefinisikan image sebuah perusahaan yang kuat. Inilah kunci lain mengapa logo McDonald’s bisa terlihat menawan.


  • Blogger Comment
  • Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment

Copyright © 2012 Orkha Creative All Right Reserved
Designed by CBTblogger