a

Wednesday, May 7, 2014

11+1 Desain Keren Logo Band Dunia



 Orkha Band Logo

Tidak hanya lagu, logo mereka juga dikenang sepanjang masa. Siapa saja mereka?

Logo sebuah band yang didesain sekreatif dan seikonik mungkin dapat sekaligus mencerminkan karakter mereka dalam berkarya. Desain logo menjadi tidak kalah penting dari kualitas dentuman nada yang dilahirkan. Berikut beberapa logo band paling kreatif dan keren di dunia:


1. Nirvana


Band yang digawangi Kurt Cobain, Krist Novoselic and Dave Grohl, ini benar-benar ‘menjajah’ telinga umat manusia terutama pada era 1980 hingga 1990-an. Logo band ini pun didaulat sebagai logo yang paling mudah dikenali sepanjang sejarah industri musik dunia. Dengan memakai typeface Onyx dan wajah senyum kecutnya, logo Nirvana juga menjadi desain kaos paling populer selama lebih dari dua dekade. Arti dari warna kuning di logo ini adalah energi dan kegembiraan, sedangkan warna hitamnya melambangkan keagungan dari Nirvana. Inspirasi dari desain ini konon berasal dari lambang sebuah strip club di Seattle, Amerika, bernama “Lusty Lady”.


2. Weezer


Patrick Wilsen, drummer Weezer sekaligus penggagas desain ini, melahirkan logo ini pada 1993. Awalnya, logo ini ditulis dalam huruf kecil. Huruf ‘W’ yang seakan terbang itu memakai font Futura Medium dengan beberapa perubahan. Logo ini dikembangkan dari logo milik Van Halen sebagai wujud penghormatan personel Weezer terhadap Van Halen, band yang menjadi inspirasi mereka dalam bermusik. Tiap Weezer menggelar konsernya, ribuan fans membentuk tangannya masing-masing merupai logo Weezer itu sendiri. Bukti lain bahwa logo bisa membeli sukses dan loyalitas.


3. Metallica


Adalah Turner Duckworth yang mendesain logo band heavy-metal asal Los Angeles ini. Seperti band metal pada umumnya, Metallica menonjolkan kesan ‘metal’ dalam logonya. Warna putihnya menunjukkan kebijaksanaan, kepercayaan diri, dan keharmonisan, sedangkan sisi hitam Metallica menggambarkan energi, power dan prestis. Arti logo Metallica pun saat ini menjadi nyata.



4. Foo Fighters


Inilah contoh logo band keren dan bisa diingat secara instan lainnya. Band yang diinisiasi oleh mantan drummer Nirvana, Dave Grohl, ini mempertontonkan simbol duo ‘F’ yang menjadi inisial dari Foo Fighters. Banyak sekali skema warna pada logo ini, namun yang paling sering dipakai adalah paduan merah - putih - hitam dan putih - kuning - abu-abu.


5. Queen


200 juta album yang di jual seluruh dunia, adalah bukti bahwa Queen, band rock asal Inggris, sangat sukses di eranya. Logo ini didesain langsung oleh sang vokalis, Freddie Mercury, yang dulu pernah menjalani kuliah di jurusan seni. Dengan mengusung monarki kerajaan Inggris, Queen mengangkat patriotisme dan kesan flamboyan. Jika Anda mencermati lebih lanjut, logo ini juga menampilkan beberapa ikon zodiak, yang melambangkan zodiak para personel Queen: Leo (Deacon dan Taylor), Cancer (May), dan Virgo (Mercury). Font yang dipakai di logo Queen didesain oleh Richard Gray, fotografer dan desainer yang paling lama bekerja sama dengan band ini.


6. Linkin Park


Dibentuk pada 1996, Linkin Park sudah mempunyai fans garis keras di seluruh penjuru dunia. Namun, logo ini baru diperkenalkan pertama kali pada 2007 tepatnya di album mereka berjudul 'Minutes to Midnight'. Warna hitam yang mendominasi pada logo ini menunjukkan kesan elegan dan mengakar pada aliran underground mereka. Kombinasinya dengan warna silver mengesankan kreativitas dan kemewahan karya Chester Bennington dan kawan-kawan.


7. The Ramones


Logo ini didesain oleh desainer asal New York City, Arturo Vega, yang sejatinya adalah teman lama dari beberapa personel Ramones. Ramones sudah menunjukkan bahwa dengan logo yang tepat, ‘menguasai’ dunia menjadi pekerjaan yang lebih mudah.


8. Led Zeppelin


Band yang menginspirasi banyak musisi dari beragam aliran ini sangat total dalam bermusik, termasuk dalam mendesain logo. Storm Thorgerson dan Aubrey Powell mendesain font yang Led Zeppelin pada 1973. Desain keseluruhannya seakan memamerkan kesan charming, kaya, dan berkualitasnya pada semesta.


9. Daft Punk


Pengaruh ‘punky’ sangat terasa juga pada logo yang diusung Daft Punk. Logo dari duo yang sering mendendangkan karya yang unik dan selalu membuat kita ingin berdansa ini, didesain oleh Guy-Manuel. Dengan warna dan tekstur yang mengesankan ketegasan, visual branding Daft Punk sangat susah dilupakan seperti lagu-lagunya.


10. Green Day


Memamerkan desain tipikal a la punk dan grunge pada logonya, Green Day membius kita dengan deretan nada yang menghentak. Tak hanya tercermin lewat lirik, desain logonya pun mengesankan karakter agresif, pemberontak, dan kebebasan diri. Warna merah muda dan biru adalah simbol kesegaran, imajinasi, dan pembelaan terhadap kaum muda. Tak heran jika totalitas Billie Joe Armstrong dan kawan-kawan terbayar dengan lakunya 70 juta lebih album mereka di seluruh dunia.


11. Outkast


Band hip-hop yang lagunya ngetop di era 90-an ini memiliki lagu dan logo yang mengena di setiap penikmat music. Dengan perpaduan font yang mirip graffiti dengan mahkota, Outkast terlihat nyentrik. Pada lagunya bertitel ‘Morris Brown’, Outkast mengemukakan totalitasnya dalam mendesain logo dari lirik berikut: "OutKast royalty by design of logo. Wanna count it out loud?"


11 +1. Red Hot Chilli Peppers



Sebenarnya, logo band rock asal Amerika ini berdasarkan ilustrasi asal dari sang vokalis, Anthony Kiedis, saja. Tak disangka, logo yang memakai font Franklin Gothic ini menjadi logo yang ikonik di dunia, simbol asterik merahnya pun akrab dengan sebutan “Star of Affinity” atau “Star of Infinity”. Warna merah di logo ini melambangkan semangat membara, hitamnya berarti dominasi dan supremasi, sedangkan warna putih adalah simbol ‘kesucian’ RHCP dalam bermusik.


Lalu, siapa band idola kalian yang musik dan logonya paling berkesan?


Referensi:
creativebloq.com
famouslogos.net
  • Blogger Comment
  • Facebook Comment

1 comments:

Copyright © 2012 Orkha Creative All Right Reserved
Designed by CBTblogger