a

Monday, April 7, 2014

Tips Berburu Pekerjaan di Media Sosial



http://idealistcareers.org/wp-content/uploads/2013/08/shutterstock_96368477.jpg


Media sosial zaman sekarang lebih dari wahana untuk sekedar berkomunikasi dan curhat, tetapi sudah bisa menjadi lahan pendulang Rupiah. 

Jika Anda sudah lihai, mendapatkan pekerjaan pun juga bisa kita lakukan di rumah sambil berselancar di beberapa situs yang sudah sangat akrab dengan kita semua, seperti Twitter, Facebook, Tumblr, dan Pinterest. Inilah tips berburu pekerjaan di media sosial:


1. Twitter

Lewat 140 karakter – atau kurang, Twitter bisa mengantarkan Anda ke pekerjaan yang sudah Anda impikan lewat beberapa fasilitas berikut:

Search / Pencarian: Manfaatkan kolom pencarian di pojok kanan atas situs Twitter untuk mencari keyword yang berkaitan dan spesifik dengan pekerjaan yang sedang Anda cari, seperti “penulis” dan “sales freelance”. Atau, bisa juga dengan memasukkan lokasi pekerjaan yang Anda tuju, “Malang” contohnya.
Hashtag / Tagar: Biasanya, beberapa akun menyediakan hashtag khusus tentang lowongan pekerjaan, seperti “#LowKerMalang”. Perusahaan yang sedang mencari karyawan baru pun juga sering menyebarkan twit lowongan bersama hashtag tersebut.
Rajin Berkicau: Hal ini biasanya tergantung dari karir yang Anda pilih, tetapi keuntungan dari ‘cerewet’ di timeline adalah Anda bisa dengan mudah membangun network bersama beberapa orang yang seprofesi dengan Anda. Sering membalas tweet orang atau akun resmi pelaku bisnis juga bisa meningkatkan popularitas Anda di mata mereka. Yang perlu diingat adalah Anda tidak perlu lebay dan mengganggu, pastikan juga profil Twitter Anda sudah terlihat profesional.
Follow: Saat ini, semakin banyak akun Twitter yang fokus menyebarkan informasi lowongan pekerjaan. Jangan ragu untuk mem-follow dan jangan malas untuk sering-sering membuka timeline mereka.


2. Facebook

Facebook, tidak bisa dipungkiri, adalah media sosial terbesar saat ini. Menurut juru bicara mereka, fitur berikut bisa dimanfaatkan para pencari kerja di media sosial ciptaan Mark Zuckenberg ini:

Facebook Pages: Banyak perusahaan yang mencoba tampil dinamis dan dekat dengan kliennya dengan membuat Facebook Pages. Inilah yang bisa Anda manfaatkan. Dengan menyukai halaman mereka, Anda akan mendapatkan update terbaru perihal aktivitas perusahaan tadi, termasuk jika mereka sedang mencari karyawan baru.
Private/Public: Coba atur privacy setting akun Facebook Anda, dan pastikan kesan profesional bisa terlihat dari pandangan orang-orang terhadap timeline Anda. Lengkapi juga identitas Anda agar sejarah profesional Anda bisa mengangkat ‘derajat’ Anda sebagai pekerja.
Update terus: Pastikan info pribadi Anda yang merefleksikan pendidikan dan pengalaman kerja terbarui terus.
Cantumkan Skill yang Anda Kuasai: Beberapa waktu yang lalu, Facebook sudah menambahkan tab "Professional Skills" di halaman profil Anda. Hal ini akan meningkatkan daya tarik Anda di dunia profesional.


3. Tumblr

Sebagai sumber gambar GIF dan fandom terbesar di internet saat ini, ternyata Tumblr juga bisa membantu Anda untuk mencari kerja.

Cari tags: Di kolom search, ketik saja “jobs” atau kata-kata yang berkaitan dengan itu. Mungkin akan lebih sulit menemukannya diantara posting yang diunggah, tetapi Anda pasti bisa menemukan banyak lowongan kerja menarik yang dipasang oleh perusahaan, terutama di bidang advertising.
Main Tumblr yuk!: Ini sangat penting untuk menunjukkan status Anda sebagai pekerja kreatif. Dengan akun Tumblr, Anda bisa menjadi diri Anda sendiri dengan menspesialisasikan diri pada hobi atau hal-hal yang Anda sukai. Selain itu Anda juga bisa menunjukkan konten orisinil dan unik milik Anda sendiri untuk terlihat unggul dibandingkan orang lain. Jika sudah begitu, tinggal menunggu waktu saja untuk datangnya tawaran kerja dari seseorang yang mengagumi Tumblr Anda.


4. Pinterest

Bukan cuma tempat mencari inspirasi desain atau resep masakan, yap, Pinterest adalah media sosial yang siap membantu Anda mengembangkan karir.

Pamer résumé: Bosan dengan résumé yang itu-itu aja? Manfaatkan Pinterest untuk 'menjual' diri Anda sebagai pekerja profesional nan kreatif. Soroti pengalaman yang ingin Anda tonjolkan, tambahkan foto atau link juga bila diperlukan agar terlihat standout. Coba tengok kumpulan résumé dari Rachel G. King ini untuk inspirasi Anda.
Follow: Untuk mendapatkan tips mencari kerja atau info lowongan pekerjaan, jangan ragu untuk mengikuti aktifitas beberapa user Pinterest yang Anda butuhkan.


Disadur dari:
mashable.com
  • Blogger Comment
  • Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment

Copyright © 2012 Orkha Creative All Right Reserved
Designed by CBTblogger