a

Monday, September 14, 2015

MEMPELAJARI SEO DARI FREELANCE GRAFIK DESAIN NO.1 (PART II)

Source : http://www.bestdesignstuff.com/




Hands-On, On-Site SEO

Ketika membuat konten baru, dimana kamu biasanya menempatkan keywordmu itu?
Ketika aku membuat konten baru aku selalu memulainya dengan laman judul : aku menggunakan judul untuk setiap konten, kemudian aku memasukkan keyword (seperti contoh. Judul / Brent Galloway Freelance Graphic Designer in Ohio).

Apakah ada faktor lain dalam SEO yang sedang kamu coba? Seperti panjang post, inbound links, outbound links, atau secondary keyword?
Semua faktor itu sudah ada dalam konten yangaku buat, tetapi aku terlalu memikirkannnya. Aku berfokus pada konten itu saja dan nilai didalamnya- dan lagi saya mengatakan, bahwa sticking to some basic SEO best practices like keywords and phrases.

Apakah ada tips agar  site dalam SEO menjadi lebih efektif?
Memiliki konten dengan tulisan yang bagus dan unik serta berfokus pada beberapa keyword dan frase merupakan hal yang paling penting. Melakukan hal ini dan memposting beberapa jadwal yang tetap juga hal yang sangat kamu butuhkan. Jika kamu fokus ke kualitas konten yang kamu buat, orang-orang akan membaginya dan Google akan mulai mendorong websitemu ke bagian atas.

Apakah kamu memiliki plugin Wordprees untuk SEO ini?
Aku berusaha meminimalisir jumlah plugin di dalam websiteku, karena tema yang aku gunakan memiliki pengaturan SEO yang dapat membuat hal itu didalamnya :



Apakah kamu menggunakan perangkat SEO lain?
Satu-satunya perangkat online yang aku gunakan adalah Google Analytics yang aku gunakan untuk membantu pengecekan traffic data dalam wensiteku.




Hands-On, Off-Site SEO

Bagaimana kamu membentuk back-links di situsmu?
Aku mulai mencari setiap website yang menulis namaku. Tiap blog yang aku baca dan aku menyukainya, aku akan meninggalkan komen dan memulai pembicaraan dengannya.

Ikuti peraturan yang ada. Jika kamu memberikan sesuatu yang bernilai, makan orang-orang akan lebih termotivasi untuk memberikan feedback kepadamu. Kamu bisa melakukan ini dimanapun, di websitemu sendiri, komen di situs lain, di guest post di suatu blog, di sebuah forum online, di situs-situs seperti Quora, dan semuanya akan membantu meningkatkan situsmu.

Apakah back-link merupakan hal yang lebih penting daripada hal lain di SEO?

Membuat websitemu terhubung dengan akun onlinemu yang lain akan membantumu dan menstumulasinya.

Back-link yang terbaik yang bisa kamu dapat adalah dengan adanya orang lain yang membagikan link websitemu ke orang-orang lainnya. Dan ini akan sangat membantumu dengan cepat dengan tetap membuat konten yang pantas untuk dibagikan.

Jujur saja aku tidak memiliki tips khusus dalam hal ini. Aku katakana sekali lagi, aku hanya fokus pada kualitas tulisanku dan jika hal itu sudah cukup pantas untuk dibagikan oleh orang lain, maka aku sangat mengapresiasinya.

Apakah ada tips off-site SEO lainnya?
 Jika kamu ingin menghubungkan konten ke konten lain, maka lebih baik gunakanlah keyword yang sesuai dengan konten yang kamu hubungkan daripada hanya mengunakan “click here”. Hal ini merupakan conton simpelnya, tapi sangat berguna.

Bagaimana dengan situsmu yang lain, Your Freelance Career, untuk mendapatkan klien?


Dalam blogku Your Freelance Career memang dibuat untuk para desainer grafis yang tertarik untuk memulai dan ingin mengembangkan bisinis freelance mereka.

Bagaimanapun, hal itu juga bermanfaat buatku. Dimata klien yang potensial, dapat memposisikanku sebagai seorang expert dalam bidang yang sedang aku kerjakan ini, hal itu dapat terlihat dari pengalamanku, selain itu juga aku terus belajar mengenai hal-hal baru dan semua itu, back-links dan pertumbuhan traffic dalam situsku yang dapat mendorong situsku untuk mencapai tempat teratas dala situs pencarian.

Menurut perspekstif SEO, bagaimana Your Freelance Career dan brentgalloway.me dapat mendukung satu sama lain?
Aku memasukkan diriku kedalam Your Freelancer Career dengan melebeli dengan identitas ku dipengaturan SEO. Aku juga menghubungkan didentitasku di data penulis di setiap post yang aku tulis. Walaupun Your Freelance Career secara teknis itu merupakan websiteku, tapi hal itu tetap berbeda dengan situs pribadiku. Secara vice versa, di dalam Your Freelancer Career aku menghubungkannya ke website pribadiku, untuk menunjukkan bahwa kau tidak hanya mendesain logo dan t-shirt tapi juga aku mengajarkan apa yang aku lakukan dari titik nol bisnis ini.




More SEO

Darimana kamu belajar mengenai SEO?
Segala yang aku lakukan dan aku punya ini merupakan hasil dari pengalaman yang telah aku lalui dan juga dari kesalahan yang aku buat dulunya.

Apa yang akan kamu lakukan selanjutnya untuk SEO ini?

Tentu aku akan terus menbuat konten, tetapi aku juga mempunyai beberapa rencana untuk bereksperimen mengenai perbedaan format tiap konten. Contohnya, aku mulai dengan menambahkan konten video. Dan aku akan bereksperimen dengan potongan-potongan audio. Aku tahu berapa banyak projek yang akhirnya memproduksi podcast, jadi aku tidak terlalu berekspektasi untuk membuat sesuatu yang besar pada saat ini.
jadi aku tidak terlalu berekspektasi untuk membuat sesuatu yang besar pada saat ini.




Strategi Konten

“beberapa klien mengatakan padaku bahwa mereka dating kepadaku karena mereka sesuai dan paham dengan apa yang aku kerjakan”
Topik apa yang sedang kamu jadikan fokus?
Untuk website pribadiku aku fokuskan di desain grafis sesuai dengan topik di bisnis freelanceku.

Aku mempunyai beberapa artikel baru yang sesuai dengan tipe service yang sedang aku punya, tetapi baru baru ini aku telah membagikan beberapa projek baru dan juga produk yang telah aku kerjakan.

Seberapa sering kamu memasukkan konten baru dalam blogmu?
Aku mulai memposting sebulan sekali, dan membuat kontenku tiap minggu, baru baru ini aku memposting kapanpun aku mau. Tapi ini merupakan hasil dari komitmenku untuk menulis ditiap minggunya dalam blogku Your Freelance Career. Bagaimanapun, pada tahun lalu aku mempublish sebuah artikel baru tiap minggu pada senin pagi. Dan sekarang semua itu telah terlaksana.

Seberapa penting sebuah konten yang segar itu?
Dari pengalamanku, sebuah konten yang segar itu sangat penting dalam mesin pencarian. Semakin kamu sering memperbaharui websitemu dengan konten-konten yang baru, semakin baik pula rankingmu.

Jika kamu bisa memposting seminggu sekali, kamu akan melihat hasil yang signifikan dalam beberapa bulan setelahnya. Semuanya akan sangat membantumu, tetapi dengan komitmen dan selalu memposting sebanyak kamu bisa dengan konten yang berkualitas maka traffic websitemu juga akan naik dilevel yang lebih tinggi.

Ketika kamu memilih topik yang akan kamu tulis, apakah kamu juga mempertimbangkan faktor yang ada di mesin pencari, seperti jumlah pencarian?
Tidak. Aku akan menulis sesuai dengan pengalaman terbaru yang aku dapatkan atau sebuah topik yang sedang orang-orang butuhkan. Aku selalu menggunakan keyword tertentu ketika aku menulis, tetapi aku tidak masuk terlalu dalam hal-hal SEO tersebut.

Topik apa yang paling dapat menggerakkan traffic dalam mesin pencari?
Aku mempunyai tiga konten yang paling popular :
·           - Sebuah post yang membicarakan tentang memulai karir sebagai freelance
·           - Sebuah sumber daya yang bagus untuk menulis sebuah rencana bisnis freelance (dengan             gratis PDF file)
·           -  Sebuah tutorial dengan desain logo monogram
Kamu akan menyadarinya bahwa tiap konten mempunyai hal yang unik. 

Diakhir tahun 2013, kamu kembali focus ke konten di brentgalloway.me untuk menarik lebih banyak klien dan orang-orang yang kurang kreatif. Bagaimana perubahan dalam hal ini?
Sejak aku membuat keputusan besar ini dengan memusatkan pada pengunjung, aku hanya melihat pertumbuhan pada kedua situs pribadiku dan blog freelanceku, Your Freelance Career.

Sekarang pengunjungku menjadi terbagi dan hal ini menjadi lebih baik. Aku dapat menumbuhkan komunitas freelanceku sementara aku juga memfokuskan diri untuk mengarahkan klien ke website pribadiku, tanpa harus mencampurkan keduanya. Dalam situs pribadiku jika kamu lihat sekarang keseluruhan telah ditulis secara spesifik untuk klien-klien yang potensial.

Menurutmu secara personal, konten seperti apa yang dapat menarik minat para klien?

Sebagian besar klienku mengatakan bahwa mereka menemukanku dari Google, dan mereka buka homepageku, jadi aku bisa simpulkan bahwa semua ini saling terhubung dan poin dari ini semua adalah calls-to-action.

Walaupun, beberapa klien juga mengatakan bahwa mereka mendatangiku karena mereka merasa sesuai dan paham dengan apa yang aku kerjakan. Contoh yang bisa aku tunjukkan dari projek terbaruku adalah, sebuah logo untu Twin Roots, Inc.

Apa yang membuat sebuah studi kasus menjadi bagus?
Aku rasa ini tergantung pada jenis pekerjaanmu dan tipe klien yang bekerjasama denganmu. Untukku, pekerjaanku dan klienku, aku fokuskan studi kasusku dalam dua hal : apa yang menjadi tujuan klien dan bagaimana aku dapat membantu mencapai tujuan itu.

Aku membagikan  banyak hal mengenai proses kerjanya. Aku piker akan lebih penting jika kamu lebih membagikan mengenai bagaimana prosesnya.

Buatlah ringkas, fokus dengan tujuan klien, dan tunjukkan proses kerjamu dalam bentuk tulisan dan visual.



Untuk yang terakhir, apa saranmu untuk para freelancer yang baru mulai tanpa menggunakan SEO?
Untuk siapapun yang baru saja memulai dengan SEO, ketahuilah bahwa hal itu membutuhkan waktu dan komitmen.

Untuk menempati laman pertama di Google tidak mudah hanya dengan mempublis satu artikel semalam suntuk. Membutuhkan konsistensi, kualitas, dan kesabaran. Meskipun kamu tidak menggunakan SEO dan hanya mempublis konten yang mempunyai nilai bagus, kamu juga bisa, karena itu dapat dibagikan. Kamu tidak harus membeli sebuah buku untuk menjadi seorang SEO yang expert, kamu hanya harus memulai untuk membuatnya. Dan pastikan apa yang kamu buat ini cukup bagus dan mudah dimengerti untuk dibaca oleh orang lain dan juga unik (mempunyai ciri khas).


Dikutip dari http://www.flauntmydesign.com/seo-for-freelance-creatives?utm_content=bufferf539b&utm_medium=social&utm_source=twitter.com&utm_campaign=buffer#SEO dengan beberapa perubahan yang disesuaikan.
  • Blogger Comment
  • Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment

Copyright © 2012 Orkha Creative All Right Reserved
Designed by CBTblogger