a

Wednesday, September 2, 2015

MEMPELAJARI SEO DARI FREELANCE GRAFIK DESAIN NO.1 (PART I)

Di Google, Brent Galloway merupakan grafik desainer freelance. Website pribadi Brent adalah, brentgalloway.me, yang telah berada tetap di halaman pertaman Google selama 2 tahun terakhir ini. Ada banyak pertanyaan bernilai dalam interview berikut ini!


Bacalah untuk mengetahui bagaimana Brent Galloway dalam melakukan SEO, dan hasilnya, serta stategi konten yang dia gunakan!


The Basics

Halo, Brent! Apa yang kamu kerjakan ini dan untuk siapa?

Aku seorang freelance grafik desainer yang focus di logo dan desain t-shirt. Segmen desain yang sedang aku kerjakan ini untuk bisnis kecil dan orang lain yang mempunyai passion terhadap apa yang dia kerjakan.

Walaupun aku tidak memiliki target pasar yang jelas, tapu aku sangat selektif tentang project apa yang aku ambil. Jika seorang klien tidak memahami apa yang menjadi tujuan mereka atau tidak merasa yakin tentang projek yang meraka lakukan, maka aku juga tidak akan mengambil projek itu dalam jadwalku.


Kapan kamu mengeluarkan brentgalloway.me?

Aku melauncingnya pada bulan juni tahun 2012 silam. Saat itu aku sedang me-rebrand secara besar besaran bisnis freelanceku, dan pada saat itu juga aku memulai hal itu dengan serius.

Siapa targetmu dalam brentgalloway.me?

Target dalam websiteku ini adalaha semua orang yang tertarik dalam membuat logo secara custom atau membuat desain t-shirt.

Selain itu, aku juga mendapatkan banyak pertanyaan dari desainer lain yang juga melihat artikel lamaku mengenai freelance. Ketika aku melaunching websiteku ini, aku juga membagikan beberapa pengalamanku dalam beberapa topik, dan dalam masing-masing topik tersebut dapat memberikan alasan dan tujuan yang berbeda.

Aku telah belajar banyak hal sejak itu, dan saat ini aku mencoba untuk selalu bekerja dibidang grafik desain dan hal yang serupa dan juga aku selalu memperbaharui bisnis freelanceku dengan projek projek terbaru yang telah aku kerjakan.

Apa keyword utamamu/frase keyword yang kamu gunakan?

Keyword yang aku gunakan dalam setiap halaman websiteku adalah “Brent Galloway – Freelance Graphic Designer in Ohio”.

Aku memakai keyword ini karena dapat menggambarkan secara jelas siapa aku dan apa yang aku kerjakan dengan sangat singkat, padat dan jelas. Meskipun keyword itu bukan judul lamanku, tapi aku mendapatkan dengan spesifik apa yang aku maksudkan: “aku adalah Brent Galloway, seorang freelance grafik desainer dari Ohio yang mempunyai spesialisasi di pembuatan logo serta desain t-shirt”.

Pada awalnya, aku terlalu ambisius dengan keyword ini – tapi aku akan jujur – ketika aku baru memulai ini semua, aku tidak tahu apa yang sedang aku lakukan. Aku menggunakan judul yang aku inginkan, agar aku dikenla sebagaimana mestinya, dan aku stuck dengan itu.


The Results

“Aku mulai dengan mengirimkan email kepada setiap klienku, agar aku  bisa mendapatkan 1-3 projek baru tiap minggunya”
Kapan kamu mulai menempati laman pertama di Google? Dan apa yang kamu lakukan untuk mencapai itu?

Aku tidak tahu kapan tepatnya ketika aku menempati lama pertama di Google – hal itu sangat mengejutkan ketika aku menemukannya. Aku harus mengatakan bahwa aku berhutang budi atas rankingku saat ini pada komitmenku yang terdapat di judulku ini. Selama 3 tahun lebih, aku harus stuck sebagai freelancer.  Tapi hal tersebut dapat membuatku bangga. Dan aku menggunakakannya dalam tulisanku, aku menulis konten mengenai freelance sebagai grafik desainer dan hal itu terbayarkan.

Apakah aku telah menyebutkan proses yang aku lalui selama 3 tahun lebih tersebut? 

Itu sangat penting! Banyak orang melihat hanya pada hasil yang terlihat saat ini – dan tidak hanya memikirkan bagaimana hal ini terjadi. Jika kamu ingin dikenal dengan baik untuk suatu hal, maka kamu harus banyak bersabar dan dedikasikan untuk selalu memperlihatkannya setiap hari.

Berapa banyak orang yang mengunjungi brenygalloway.me setiap bulannya?

Pada tahun ini (per April, 2015), rata – rata websiteku dikunjungi sebanyak 6,700 orang perbulan.

Ketika aku melaunching websiteku, aku merasa sangat beruntung jika aku mencapai 100 lebih pengunjung. Tetapi aku tidak pernah memprioritaskan pengunjung untuk lamanku. Aku terus menambahkan konten baru dilamanku, memperbaharui portofolioku, dan berinteraksi dengan orang-orang yang sedang online dimanapun mereka berasal. Dan hasilnya, trafficku meningkat dengan siknifikan.

61.5% dalam traffic websiteku berasal dari organic searches. Sepanjang tahun ini (2015), sebanyak 79.8% merupakan pengnjung baru dan 20.2% merupakan pengunjung lama.

Walaupun laman pengunjung merupakan hal yang bagus untuk mereview, melihat  mailing listku yang terus bertambah dan terdapat banyak email respon dari para pembaca itu merupakan hal yang lebih penting bagiku. I mencoba untuk tidak terlalu focus pada laman pengunjung, karena kau lebih berfokus pada pembuatan konten untuk websiteku. Terlalu banyak orang yang hanya berasal dari Facebook likes, retweet, dan sebagainya. Tapi jumlah itu tidak akan berguna jika mereka tidak membuahkan hasil.

Bagaimana brentgalloway.me dapat menjalankan bisnis freelance mu?

Websiteku ini merupakan mesin penggerak dari apa yang aku kerjakan. Tanpa websiteku ini, aku tidak akan mempunyai bisnis. 

Baru-baru ini, 100% dari perkerjaanku diselesaikan secara online. Aku tidak berkerja dengan klien local dalam beberapa tahun dan itu karena pilihan.

Kontenku ini yang membawa lalu lintas pembaca, kemudian dari website itu muncullah permintaan untuk projek – projek baru. Setiap amannya aku tulisa dengan cermat, didesain dengan detail, dan aku link melalui beberapa media social untuk mendapatkan respon. Sejak aku memulai bisnis freelance ku dengan serius di tahun 2012, aku sudah melihat perkembangan dari websiteku ini.

Aku mulai mengirimkan email-email pada para klien, untuk emndapatkan 1-3 projek baru tiap minggunya. Dan semua itu berkat websiteku. Aku sangat bersyukur karena sekarang aku hanya menunggu projek itu datang menemuniku berbeda dengan dulu dimana aku yang mencari mereka. Dan lagi, ini merupakan hasil selama 3 tahun lebih aku selalu memperlihatkan diriku untuk mendapatkan kesempatan ini.

Saat ini, apakah permintaan terbanyakmu di desain logo dan t-shirt?

Yap, betul! Dan aku sangat senang dengan hal itu. Dalam websiteku, aku membuatnya menjadi lebih spesifik mengenai apa yang aku kerjakan, dan aku menunjukkannya dengan membuat protofolio online agar mereka bisa melihat dan menilai sendiri. Membuat sebuah formulir kontak yang dinamis secara online juga dapat membantu menyortir pertanyaan-pertanyaan yang muncul dan dapat mengumpulkan informasi mengenai projek mana yang harusnya aku ambil.

Aku kadang-kadang mendapatkan permintaan random yang merupakan bukan dibidangku, dan kebanyakan untuk hal tersebut, aku menolaknya. Karena ini sangat penting, aku tinggal dengan lingkunganku yang sekarang dan aku harus selektif dalam memilih klien untuk dimasukkan dalam jadwalku.

SEO : Dalam Gambaran Besar
“terdapat banyak sekali menfaat dalam menulis, dan aku berhutang banyak padanya”
Kompetisi dalam industry yang kamu tekuni saat ini sangatlah luas! Mengapa kamu bisa berhasil dengan SEO ini? Apa yang membuatmu berbeda dengan yang lain?

Aku akan memberitahumu sebuah rahasiaku dan hal ini yang membawaku sekarang………hal itu adalah menulis. Semua ini dimulai dari menulis. Jika aku ingin menambah pendengar, mendapatkan klien yang lebih baik, menjual produkmu, atau memposisikan dirimu sebagai seorang yang expert, kamu harus mulai menulis. Aku menulis websiteku dan itu membawaku kedalam sebuah traffic yang tinggi, aku mengirimkan beberapa newslatter dimana hal itu dapat menambah pembacaku, aku menulis tentang produkku, aku menulis sebuah buku untuk memulai karir freelanceku dan satu persatu list yang aku punya dapat dicentang.

Terdapat banyak sekali manfaat dalam menulis, dan aku berhutang banyak pada hal itu. Tanpa melalui tahap ini untuk membagikan hal yang aku tahu, jika tidak ada hal itu, tidak aka nada yang mengunjungi lamanan websiteku.

Mengapa kamu berifikir bahwa rankingmu ini akan bertahan? Apa yang kamu lakukan untuk menjaga itu?

Untuk saat ini  aku hanya mengikuti apa yang ada saja. Aku mulai dengan judul freelance desainer grafik dan aku menempelkannya. Dari pengalamanku, selama aku tetap konsisten dan terus membuat konten baru, aku akan terus melihat hasil yang selalu bertambah besar.

Google telah mengimplementasikan beberapa perubahan penting beberapa tahun belakangan ini (Panda, Penguin, dan lain-lain) bangaimana hal ini dapat berpengaruh padamu?

Jujur saja, aku bukan seorang SEO yang expert, jadi au tidak begitu mengikuti perkembangan hal-hal terbaru disana. Aku hanya fokus dalam memberikan nilai-nilai yang bermanfaat dalam konten yang aku bagikan dan terus memperlihatkan diri ditiap harinya. Dengan itu dan dengan beberapa latihan yang terbaik, aku terus mendapatkan pertumbuhan hasil yang kudapatkan.

Jika kamu memilih satu hal, hal paling efektif pakah yang telah kamu lakukan dalam bidang SEO ini?

Salah satu hal paling efektif dalam bidang SEO yang telah aku kerjakan adalah membagi secara spesifik keywordku, membuat konten stategi, dan membuat konten secara konstan.

Lebih berkualitas dan unik konten yang kamu buat, makan Goolgle juga akan lebih menyukain websitemu.

Apakah kamu mempunyai  sebuah moment ketika kamu mencapai rankingmu yang sekarang?

Tidak ada hal yang sangat berarti buatku, tetapi ketika aku menulis tentang freelance disana aku mendapatkan perhatian yang besar, dan aku juga mendapatkan kesempatan sebagai penulis tamu di sebuah blog yang telah mempunyai pembaca yang cukup besar.

Sebagai penulis tamu dalam blog tersebut tidak hanya memperbaiki tulisanku, hal itu juga dapat membantuku untuk menjalankan website pribadiku, dimana hal itu juga dapat membantu dalam pencarian di ranking search engineDan lagi, ini semua berkat tulisan!

Apakah kamu pernah melakukan keslahan terbesar dalam SEO?

Ya! Kesalahan terbesar dalam SEO dan juga dalam bisnisku adalah aku tidak memfokuskan pada pengunjung websiteku.

Ketika aku meluncurkan websiteku untuk pertama kalinya, aku membagikan pengalamanku dalam berbagai topik, dimana hal itu dapat menyaring pengunjung yang potensial, orang-orang tertarik dengan freelance-thingy dan berbagai desainer grafik.

Dan akhirnya aku menyadari kesalahanku di akhir 2013, kamu dapat membacanya diblogku ini : A Commitment That's Changing My Freelance Career 


Dikutip dari http://www.flauntmydesign.com/seo-for-freelance-creatives?utm_content=bufferf539b&utm_medium=social&utm_source=twitter.com&utm_campaign=buffer#SEO dengan beberapa perubahan yang disesuaikan.

  • Blogger Comment
  • Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment

Copyright © 2012 Orkha Creative All Right Reserved
Designed by CBTblogger