a

Monday, August 24, 2015

7 PERTANYAAN MENGENAI SANG LEGENDA DESAIN LOGO, IVAN CHERMAYEFF

Seorang desainer logo berusia 82 tahun ini, yang memulai karirnya di NBC sampai akhirnya berada di MoMA, pencetus terciptanya trend desain grafis, dan rasa takutnya dengan menggambar


Jika kamu pernah menyaksikan tayangan showtime di televisi  atau NBC, mengunjungi MoMA atau the Smithsonian, membaca National Geographic atau buku-buku Harper Collins, atau juga pernah berbelanja di Barneys atau Armani Exchange, berarti kamu telah melihat desain grafis karya Ivan Chermayeff dan perusahaannya. Sejak memulai Chermayeff & Geismar & Haviv (yang sekarang bernama Chermayeff & Geismar) pada tahun 1956, dia telah menciptakan ribuan logo dari dulu hingga saat ini yang telah dicetak di western visual culture.



Ivan Chermayeff : kami memulai perusahaan ini sejak tahun 1956. Beberapa tahun yang lalau dan saya hanya sebagai pelajar dan juga sebagai anak lelaki kecil sebelum ini semua. Semua seperti neraka bagi saya selama itu. Saya telah melakukan banyak perkerjaan karena saya sangat menyukai untuk bekerja. Ketika Tom (Geismar) dan saya memulai usaha ini, pada saat itu tidak ada gambaran yang jelas untuk menjelaskan apa itu ‘desain grafis’. Dan ketika seorang supir taksi menanyakan apa yang kamu kerjakan, dan ketika kamu menjawab desain grafis, kamu harus menjelaskan hal tersebut dalam beberapa jam. Dan akhirnya, kami hanya menjawab ‘saya seorang pekerja seni komersial’. Ketika saya menempuh pendidikan di Yale (School of Art and Architecture), disana hanya terdapat 2 tahun pendidikan untuk jurusan desain grafis. Seiring waktu berganti, telah terdapat ratusan hingga ribuan orang yang lulus dari jurusan desain grafis di U.S sendiri.

Pada tahun 50an, ketika seorang sopir taksi bertanya kepadaku, apa yang kamu kerjakan, dan kamu menjawab saya seorang desain grafis,dan kamu harus menjelaskan itu berjam- jam sampai dia mengerti 

Saat co.desain menemui sang legenda desain berusia 82 tahun ini, yang sangat menyukai merobek dan memotong sesuatu, desain grafis merupakan tempat bermainnya, bagaimana dia sangat tidak menyukai hanya duduk diam, dan berurusan dengan klien yang rumit.


Co desain : bagaimana perubahan trens desain grafis sejak anda memulai karir?

Ivan Chermayeff : kami memulai perusahaan ini sejak tahun 1956. Beberapa tahun yang lalau dan saya hanya sebagai pelajar dan juga sebagai anak lelaki kecil sebelum ini semua. Semua seperti neraka bagi saya selama itu. Saya telah melakukan banyak perkerjaan karena saya sangat menyukai untuk bekerja. Ketika Tom (Geismar) dan saya memulai usaha ini, pada saat itu tidak ada gambaran yang jelas untuk menjelaskan apa itu ‘desain grafis’. Dan ketika seorang supir taksi menanyakan apa yang kamu kerjakan, dan ketika kamu menjawab desain grafis, kamu harus menjelaskan hal tersebut dalam beberapa jam. Dan akhirnya, kami hanya menjawab ‘saya seorang pekerja seni komersial’. Ketika saya menempuh pendidikan di Yale (School of Art and Architecture), disana hanya terdapat 2 tahun pendidikan untuk jurusan desain grafis. Seiring waktu berganti, telah terdapat ratusan hingga ribuan orang yang lulus dari jurusan desain grafis di U.S sendiri.

Siapa yang telah menginspirasi anda pada awal masa karir?

Saya terinspirasi oleh beberapa orang besar yang merintis karir yang sama dengan saya saat ini, terutama Paul Rand, beliau merupakan salah seorang guru saya dan telah menjadi teman meskipun kami memiliki perbedaan usia beberapa tahun. Tidak banyak orang yang saya kagumi seperti saya mengaguminya pada saat itu. Beberapa desainer dari Jerman dan Swiss telah menghasilkan pekerjaan yang sangat baik, tetapi jumlahnya hanya sedikit. Sekarang, telah banyak orang-orang yang menghasilkan karya yang sangat menarik dan original. Jaman telah berubah, dan ada banyak karya bahkan jumlahnya yang sangat besar dengan hasil yang sangat menakjubkan.



Apakah anda sering menggunakan teknik kolase untuk membuat desain logo anda?

Oh ya, saya sering menggunakan kolase (desain logo) hanya untuk mengambil bahan dalam bentuk garis, warna jenis apapun yang akan saya gunakan sebagai fragmen untuk melawan atau bermain bentuk. Tidak ada perbedaan yang berarti (antara kolase dan desain grafis) dalam arti itu.

Ada banyak karya desain bahkan dalam jumlah yang sangat besar dengan hasil yang sangat menakjubkan.

Apakah perbedaan antara pekerjaan cut & paste yang anda lakukan dan desain logo anda? Bagaimana perbedaan prosesnya?

Kolase itu bebas; sedangkan, desain grafis itu mengenai pemecahan masalah orang lain. Ketika saya mengerjakan kolase untuk diri saya sendiri, saya bertindak sebagai klien. Saya hanya melakukan sesuatu yang saya anggap menarik, menemukan hubungan visual antara gambar atau warna atau apapun itu, merupakan cara untuk menemukan gambar yang diinginkan oleh klien. Saya harus bertanya, siapakah penikmatnya? Banyak sekali desain yang tampaknya tidak memiliki rasa.

Seperti apa kebiasaan anda ketika bekerja?

Saya melakukan pekerjaan dengan jumlah yang besar. Cara saya bekerja sangatlah cepat. Saya baru saja kembali dari acara di London, dan memiliki 300 pekerjaan di dalamnya. Beberapa merupakan pekerjaan lama, beberapa lagi yang datang baru-baru ini. Saya membuang jauh-jauh beberapa diantara mereka, dan berkata saya baik-baik saja karena memang tidak akan dapat dikerjakan. Saya sudah cukup handal dalam menolak beberapa pekerjaan yang memang mustahil untuk dikerjakan, dan membuangnya ke tempat sampah seperti yang dilakukan oleh pelukis. 

Saya memiliki sedikit rasa takut dalam menggambar, dan rasa takut yang lebih besar dalam melukis. Itu sebabnya saya menggunakan berbagai macam gunting, dari yang pendek hingga yang sangat panjang dan berat, sehingga saya dengan leluasa dapat memotong berbagai macam hal. Memotong dan merobek merupakan hal yang memiliki semacam kesenangan tersendiri. Jika anda merobek sesuatu, dan mereka akan memiliki sisi yang terkoyak/robekan, berbeda dengan suatu garis yang hanya memiliki sedikit emosi di dalamnya.

Saya tidak bisa hanya duduk diam dimanapun itu. Bahkan ketika saya hanya berbaring di pantai di Cape Cod, saya senang mengatur kerikil-kerikil di pasir. Bermain dapat mengambarkan diri saya yang sebenarnya, bahkan ketika saya hendak membuat simbol  untuk suatu perusahaan, terkadang simbol yang saya ciptakan masih dalam bentuk konsep yang masih dapat ‘dimainkan’ lagi.

Saya memiliki sedikit rasa takut dalam menggambar, dan rasa takut yang lebih besar dalam melukis




Apakah anda memiliki bagian favorit dalam acara terbaru ini, Cut and Paste?

Saya suka dengan apapun yang sedang hits pada saat itu, namun tidak mudah didapat. Misalnya, poster yang saya kerjakan untuk bermain adalah Winston Churchill: The Wilderness Year, yang bercerita tentang periode waktu ketika Winston Churchill keluar dari kantornya. Dalam gambar, wajahnya ditutupi oleh asap cerutu, namun, setiap orang yang melihatnya akan tahu dengan mudah yang dimaksud dalam gambar tersebut adalah Winston Churchill. Tanpa harus berpikir keras, meyakinkan dan tidak rumit. 

Apa tantangan terbesar yang sedang anda hadapi sebagai seorang seniman dan desainer?

Teknologi adalah sesuatu yang harus anda ikuti terus perkembangannya. Ada banyak pilihan yang bisa dilakukan, ada ribuan tipografi. Saya telah mempersempit menjadi sebuah kelompok yang dapat saya kerjakan. Hal ini dapat mempermudah saya dalam bekerja, tetapi menjadi sedikit lebih rumit pada saat ini.

Terkadang dalam hal bisnis, untuk mendapatkan klien membutuhkan usaha yang lebih daripada melakukan pekerjaan desain itu sendiri. Sehingga, dengan cara komunikasi yang logis dan mudah dimengerti klien, akan membantu anda dalam berurusan dengan klien untuk mencapai persetujuan yang ingin dicapai.


Dikutip dari http://www.fastcodesign.com/3033483/7-questions-for-logo-design-legend-ivan-chermayeff dengan beberapa perubahan yang disesuaikan.

  • Blogger Comment
  • Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment

Copyright © 2012 Orkha Creative All Right Reserved
Designed by CBTblogger