Mengapa Produk Apple Semakin Membesar?
Dimensi produk keluaran Apple terus meluas hari demi hari. Kami pun berusaha menebak apa alasannya.
Sejak kemunculan iPhone 6 dan 6 Plus, Apple fanboy harus mulai membiasakan diri untuk mengaktifkan kedua tangannya untuk berinteraksi dengan gadget tersebut. Atau, tetap menggunakan satu tangan dengan penyesuaian yang tak sebentar. Banyak yang merasa nyaman dengan perubahan ini, tapi juga ada yang memprotes.
Menurut kami, fenomena membesarnya ukuran produk Apple sepertinya bukan karena identitas mereka di pasaran mulai tergoyahkan, namun lebih mengarah pada strategi berkompetisi jangka panjang.
Sebagian orang sudah merasakan sendiri nikmatnya layar sentuh yang lebar dari produk Samsung dan produsen lainnya. Selain bisa memaksimalkan fungsi dari hardware yang telah disediakan, pengguna - terutama yang sudah berumur - tentu akan sangat terbantu dengan tampilan huruf dan ikon yang lebih besar, berkat layar gadget yang lebih luas. Apalagi konsumen seperti itu umumnya sudah mapan secara finansial, menjadi pasar yang menggiurkan tentunya untuk disasar dan direbut oleh Apple.
Idealisme Apple dalam meluncurkan produk yang ukurannya ramah dengan saku celana beberapa tahun ke belakang berdampak pada melejitnya penjualan Samsung di pasaran. Target konsumen Apple pun tak sedikit yang beralih pada produk lain yang bisa memanfaatkan celah yang lama dibiarkan menganga ini oleh Apple.
Jadi, dengan adanya strategi memperbesar dimensi, Apple seakan dengan lantang berteriak pada konsumennya, "apabila yang Anda butuhkan cuma ukuran besar, kami bisa menyediakannya. Jangan lari!"
Kalau dipikir-pikir, sebenarnya perubahan haluan semacam ini tidak terlalu merugikan untuk Apple. Dikarenakan Apple telah sukses dengan ukuran 'normal' produknya, maka tidak ada salahnya mencoba peruntungan dengan memunculkan ukuran yang tidak wajar sembari menyaingi kompetitor.
Apakah Anda punya hipotesa lain perihal fenomena ini?
Sumber gambar: ibtimes.com
0 comments:
Post a Comment