a

Friday, November 14, 2014

Terjebak di Antara Powerpoint dan Keynote



software presentasi paling keren terbaik


Ada yang sedang kesulitan memilih 'software' terbaik untuk media presentasi di depan klien? 

Presentasi adalah kegiatan yang cukup vital bagi seorang desainer grafis, karena pada saat itulah semua pemikiran dan karya nyatanya diuji langsung oleh klien. Anda juga bisa memenangkan sebuah proyek apabila konsep yang Anda miliki terpresentasikan dengan baik.

Sekarang ini, sudah banyak sekali perangkat lunak yang bisa memudahkan proses pemaparan ide dan karya Anda, seperti Powerpoint, Keynote, Prezi, Google Presentation, Symphony, dan sebagainya. Namun, pengguna dua nama di awal, tidak bisa dipungkiri, masih mendominasi di dunia.

Maka tak heran apabila muncul perdebatan manakah yang terbaik di antara Powepoint dan Keynote. Untuk itu, kami sudah merangkumkan kelebihan dan kekurangan masing-masing media presentasi tersebut di bawah ini:


Powerpoint

Kelebihan

- Familiaritas yang tinggi bagi hampir semua orang di dunia, mengingat Microsoft lebih dahulu terkenal ketimbang Mac. Maka tak mengherankan apabila Powerpoint dinilai lebih nyaman digunakan.

- Porsi presentasi yang lebih berat pada teks akan lebih menyenangkan apabila ditayangkan melalui Powerpoint.

- Template yang disediakan Powerpoint sangat banyak dan beragam. Banyak juga yang bisa Anda unduh secara gratis di internet.

Kekurangan

- Powerpoint terlalu berfokus pada fungsi data-based presentation. Elemen tambahan seperti, audio, video, dan gambar, kurang menyatu dengan teks.

- Bagi Anda yang mengagung-agungkan eksklusivitas, Powerpoint bukan media yang tepat untuk merepresentasikan Anda saat menghadap orang lain untuk presentasi, karena Powerpoint terlalu marak digunakan oleh awam.

- User Interface dari Powerpoint lebih jadul ketimbang Keynote.


Keynote

Kelebihan

- Desain dan tampilannya lebih kekinian, dinamis, juga menarik. Hal ini dikarenakan Keynote adalah media-driven presentation, jadi Keynote sangat cocok apabila presentasi Anda bergantung pada audio, video, dan juga gambar.

- Memiliki fitur alpha transparancy, yang mengizinkan Anda memisahkan sebuah gambar dari latar belakangnya (background). Bagi pengguna Powerpoint, teknik seperti ini membutuhkan bantuan aplikasi lain, seperti Photoshop.

- Entah karena merasa inferior atau karena ingin melunturkan dominasi Powerpoint sedikit demi sedikit, Keynote akan mengizinkan Anda menyimpan file dengan ekstensi .ppt. File presentasi Keynote Anda juga bisa disimpan dalam format video Youtube atau Quicktime slideshow. Hal sebaliknya tidak dilakukan oleh Powerpoint.

Kekurangan

- Keynote tidak bisa dijalankan di Microsoft, namun Powerpoint bisa dimainkan melalui Mac. Salah satu dampaknya ialah animasi dan grafis beresiko tidak berfungsi sebagaimana mestinya.

- Tidak memiliki timeline untuk pengaturan animasi, sehingga membubuhi presentasi dengan informasi bisa cukup membingungkan.

- Tidak mendukung Visual Basic.


Lalu, manakah perangkat lunak terbaik untuk melakukan presentasi?

Semua kembali pada kebutuhan utama Anda. Apabila Anda lebih menitikberatkan pada penyampaian ide, Powerpoint sudah cukup layak untuk memfasilitasi Anda. Sedangkan bagi Anda yang ingin menguasai hadirin dengan tampilan yang memukau dan up-to-date, Keynote hadir untuk Anda.


Sumber gambar: arcapital.com
  • Blogger Comment
  • Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment

Copyright © 2012 Orkha Creative All Right Reserved
Designed by CBTblogger