a

Monday, October 6, 2014

6 Aplikasi Gratis untuk Menyembunyikan Foto



aplikasi penyensor foto video file


Setelah kasus tersebarnya foto telanjang selebritis dunia, bisakah kita mengamankan foto pribadi kita sendiri yang ada di 'handphone'?

Cara yang paling aman dan tanpa resiko tentu saja ialah dengan tidak menyimpan foto, video, atau file apapun yang tidak senonoh dan tidak selayaknya menjadi konsumsi publik. Namun, tidak bisa dipungkiri, beberapa orang ingin tetap mengambil resiko dengan tetap membuat, mencari, dan menyimpan file yang membutuhkan privasi tingkat tinggi tersebut.

Sebagai pengguna teknologi yang cerdas, ada baiknya Anda segera menghapus file yang sifatnya pribadi tersebut dan pastikan smartphone Anda dilengkapi dengan password. Tetapi, saat Anda memiliki beragam alasan untuk tetap menyimpannya, bekali telepon pintar Anda dengan aplikasi pelindung terbaik.

Mashable sudah mendata enam aplikasi gratis untuk menyembunyikan gambar dan file lainnya sebagai berikut:


1. Private Photo Vault

6 Aplikasi Gratis untuk Menyembunyikan Foto private photo vault

Selain memiliki standar perlindungan dengan password, aplikasi ini juga diperkuat dengan beberapa fitur yang bisa membuat Anda merasa aman. Fitur yang pertama disebut 'break-in report'. Cara kerjanya cukup sederhana. Saat ada orang yang mencoba mengakses aplikasi ini, secara otomatis kamera akan memotret wajah dari orang tersebut dan mengakses lokasi GPS-nya. Anda pun bisa mengetahui secara pasti siapa yang mencoba mengobrak-abrik foto privat Anda dengan mudah.

Sedangkan fitur 'decoy password' akan memunculkan sekumpulan foto yang berbeda guna melindungi foto-foto yang sudah Anda perintahkan untuk disembunyikan sebelumnya.

Aplikasi Private Photo Vault ini siap dipakai pada iOS device Anda tanpa mengeluarkan sepeser pun.


2. Gallery Lock Lite

6 Aplikasi Gratis untuk Menyembunyikan Foto gallery lock lite

Tidak seperti aplikasi serupa kebanyakan, Anda bisa memosisikan Gallery Lock Lite pada 'Stealth Mode', sehingga aplikasi yang versi lengkapnya bisa ditebus seharga $4.25 ini tidak akan terlihat pada ponsel pintar Anda.

Agar bisa mengakses aplikasi ini kembali, Anda tinggal mengetik bintang dan password yang sudah Anda simpan sebelumnya, lalu tekan 'Call' atau tombol telepon berwarna hijau. Seperti Private Photo Fault, aplikasi ini juga akan mengambil gambar 'penyusup' yang mencoba mengakses foto Anda dengan kamera depan saat ia gagal memasukkan password sebanyak tiga kali.

Versi gratis aplikasi yang hanya tersedia untuk Android ini memang hanya memperbolehkan Anda menyembunyikan beberapa foto, namun versi lengkapnya bisa Anda beli di Play Store.


3. Best Secret Folder

6 Aplikasi Gratis untuk Menyembunyikan Foto best secret folder

Tidak ingin orang lain memergoki Anda sebagai pengguna aplikasi penyembunyi?

Best Secret Folder jawabannya!

Aplikasi ini mampu menyamarkan dirinya dengan memakai ikon pengganti, yaitu 'My Utilities'. Dengan cara tersembunyi seperti ini, tidak akan ada orang yang curiga bahwa Anda sedang menyimpan foto-foto yang hanya untuk konsumsi pribadi.

6 Aplikasi Gratis untuk Menyembunyikan Foto best secret folder

Anda akan sangat dimanjakan oleh aplikasi ini saat membuat password, karena Anda bisa meminta sandi rahasia tersebut dikirimkan ke email dan Anda pun bisa membuat hint atau kisi-kisi khusus yang akan dimunculkan seumpama Anda tidak bisa mengingat password Anda. Kekurangan dari aplikasi ini ialah Anda tidak bisa mengganti password yang sudah tersimpan.

Fitur auto-capture dan perekam lokasi juga dimiliki oleh aplikasi ini semisal ada orang yang mencoba mengakses foto Anda. Saat aplikasi ini sudah terpasang di iPhone Anda, Anda juga bisa mengekspor foto di galeri ke email, Dropbox, Google Drive, dan media penyimpanan online lainnya.


4. KeepSafe

6 Aplikasi Gratis untuk Menyembunyikan Foto keepsafe

Apabila Anda sedang mencari aplikasi dengan pengaman foto dan video yang sederhana, cobalah KeepSafe. Masukkan PIN dan impor foto-foto dalam galeri smartphone Anda ke album khusus dari aplikasi ini. Setelah sukses mengimpor foto, pastikan Anda menghapus foto-foto tersebut dari galeri, karena aplikasi ini tidak menghapusnya secara otomatis.

Untuk bisa memanfaatkan fitur 'fake PIN', 'break-in alerts' dan password khusus untuk setiap album, Anda harus mendapatkan versi premiumnya. Silakan coba KeepSafe di gadget iPhone atau Android Anda.


5. KYMS

6 Aplikasi Gratis untuk Menyembunyikan Foto

Seperti bunglon, aplikasi ini juga bisa menyamarkan dirinya, yaitu dengan menjadi aplikasi kalkulator.

6 Aplikasi Gratis untuk Menyembunyikan Foto

Saat Anda membuka aplikasi ini, fitur kalkulator normal akan muncul. Yang perlu Anda lakukan adalah memasukkan 4 digit PIN Anda lalu tekan simbol 'equal' atau sama dengan, dan voila! Akses Anda pada galeri tersembunyi pun akan terbuka.

Tidak cuma foto yang bisa disembunyikan oleh aplikasi ini, file bertipe .pdf, .docx, .xlsx, dan pptx juga bisa dihilangkan sementara dari smartphone Anda. Mengimpor media dari komputer, kamera, dan web pun bisa dilakukan dengan aplikasi ini. Bahkan, Anda bisa berhubungan dengan gadget lain dengan memanfaatkan Wi-Fi.

KYMS bisa Anda dapatkan secara gratis di iPhone Anda.


6. Vaulty

6 Aplikasi Gratis untuk Menyembunyikan Foto vaulty

Selain sebagai pelindung galeri foto Anda, Vaulty juga adalah aplikasi photo-editing, manajemen file, dan bisa membuat beragam folder dengan password yang berbeda-beda pula. Asyiknya lagi, yang bisa disembunyikan oleh aplikasi ini tak cuma gambar, tetapi juga video. Fitur untuk menangkap wajah dari orang yang berusaha membobol aplikasi ini saat salah memasukkan password pun juga ada.

Kerennya lagi, aplikasi yang bisa dipasang di gadget Android Anda ini bisa mengembalikan foto-foto Anda saat smartphone Anda hilang.


Sudahkah Anda merasa aman dengan aplikasi di atas? Ceritakan pengalaman Anda saat memakainya di kolom komentar.


Image credit: wallpapersfolder.com
  • Blogger Comment
  • Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment

Copyright © 2012 Orkha Creative All Right Reserved
Designed by CBTblogger