a

Monday, June 16, 2014

Orkha Creative, Tamu Spesial di 99designs Café



Bergelar kota terbesar kedua di Indonesia, Surabaya menjadi rumah bagi beragam lapisan masyarakat, termasuk para desainer berbakat.

Tak heran, rangkaian hajatan kedua dari 99designs bertajuk "99designs Café" rame disesaki para desainer yang juga partisipan aktif di pasar grafis online tersebut. Bertempat di di Folks Café, forum tersebut tak hanya menjadi magnet bagi desainer bereputasi tinggi, namun juga bagi desainer newbie yang ingin belajar dan berkembang. Acara ini lahir berkat kolaborasi yang apik dari 99designs dengan beberapa café yang sudah ditunjuk untuk menjadi tuan rumah di setiap kotanya.

Proyek non-profit ini berawal dari inisiatif 99designs untuk melemparkan kontes branding macam apa yang akan menjadi identitas "99designs Café" di Indonesia. Bak gayung bersambut, umpan balik yang disampaikan rekan-rekan desainer grafis lokal patut diacungi jempol. Alhasil, terkumpullah 188 desain dari 63 desainer yang memberikan representasi visual dari kopi, desainer, komunitas, dan tentu saja, Indonesia. Ternyata, memilih yang terbaik dari ratusan karya kreatif tersebut cukup memusingkan dewan juri. Namun, desain dari Fattah Setiawan yang disempurnakan oleh ilustrasi dari Bramanto Setyaki lah yang berhasil menyabet juara pertama. Desain yang dilahirkan oleh dua desainer dari Orkha Creative ini lahir karena terinspirasi oleh Gunungan (salah satu ikon di Pewayangan).


Simak wawancara 99designs.com dengan Fattah Setiawan dan Bramanto Setyaki disini.


Caroline Setiawan, Indonesian Community Liaison dari 99designs, mengaku sangat senang ketika bisa merasakan langsung animo rekan-rekan desainer yang meluap-luap. Bahkan, jika antusiasme mereka tetap tinggi, bukan tidak mungkin kalau program seperti ini nantinya akan dirutinkan setiap bulan di banyak kota di Indonesia.

Bramanto sedang mengilustrasikan desain dari Fattah lewat 'chalk art'
Ia menambahkan, 99designs siap menyediakan wadah kreatif bagi para desainer Indonesia, mengingat banyak talenta yang luar biasa bisa ditemukan di sini, "seperti Fattah, misalnya," tambah Caroline.

Tak sekedar 'kopi darat', acara ini juga menghadirkan seminar mengenai desain dan sesi tanya jawab perihal 99designs. Di tengah-tengah jalannya acara, Bramanto juga memberikan visualisasi desain yang dibanderol seharga AU$339 tersebut lewat media papan tulis dan kapur. Secara keseluruhan, acara ini terbilang sukses merekatkan hubungan 99designs dengan para desainernya, juga hubungan antar desainer lokal.

Surabaya adalah kota kedua yang dikunjungi 99designs setelah Jakarta. Rencananya, Bandung dan Jogjakarta akan menjadi destinasi selanjutnya.

Orkha Creative 99designs.com
(ki-ka) Caroline, Fattah, dan Bramanto
  • Blogger Comment
  • Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment

Copyright © 2012 Orkha Creative All Right Reserved
Designed by CBTblogger