a

Thursday, June 19, 2014

Beramal Lewat Font




"Your writing, says a lot about your personality" - Francisco

Tak ada yang menyangka, gelandangan yang sekarang hidup di jalanan Barcelona itu dulunya adalah seorang desainer grafis di Brazil. Ya, Francisco tahu nasib masa tuanya sekarang melenceng jauh dari angan-angan masa mudanya. Ia bersama lebih dari 3.000 tuna wisma di kota Barcelona lainnya harus rela hidup sengsara, mengingat ia tak memiliki uang, makanan, pekerjaan tetap, juga tempat tinggal lagi.

Namun, lorong panjang nan gelap yang dijalani Francisco akhirnya menemui ujung terangya juga. Arrels Foundation, badan amal yang fokus memperhatikan kaum marjinal di Barcelona, menjalin kerjasama dengan The Cyranos McCann, sebuah agensi periklanan terkemuka, untuk menginisiasi lahirnya homelessfonts.org. Ini adalah terobosan termutakhir nan kreatif untuk menolong sesama.

Tidak ada maksud lain ketika homelessfonts.org diluncurkan, selain mengajak setiap individu dan perusahaan untuk beramal sekaligus melakukan investasi branding, dengan cara membeli font yang dibuat dari tulisan tangan beberapa tuna wisma terpilih - termasuk Fransisco. Tulisan tangan mereka tidak sembarangan, unsur estetika yang dikandungnya bernilai tinggi. Juga - seperti kutipan Francisco di atas - karakter tertentu akan muncul dari setiap buah tulisan. Begitu juga tulisan yang dihasilkan oleh para tuna wisma ini. Itulah misi kemanusiaan lain yang coba dijual homelessfonts.org.

Lima font buatan Guillermo, Francisco, Loraine, Luis Serra dan Gemma siap untuk ditebus seharga €19 Euro untuk pemakaian personal dan €290 Euro untuk kepentingan perusahaan. Sudah banyak pihak yang mengincar buah ide yang unik dan tulus ini. Tulisan tangan milik Loraine, misalnya, saat ini sudah diakuisisi perusahaan wine dan minyak zaitun untuk menghiasi botol kemasan produknya.

Menurut berita dari The Guardian, Seluruh dana yang terkumpul akan masuk ke pundi Arrels Foundation untuk kemudian disalurkan kembali dalam bentuk akomodasi, makanan, dan layanan kesehatan pada tuna wisma lainnya.

Di zaman ini, orang yang kreatif sudah berjibun, tetapi baru sedikit orang yang kreatif sekaligus dermawan. Tak inginkah Anda terlibat dalam kegiatan positif ini?


  • Blogger Comment
  • Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment

Copyright © 2012 Orkha Creative All Right Reserved
Designed by CBTblogger