a

Friday, April 4, 2014

7 Taktik Online Marketing Dalam 1 Menit




http://www.onbile.com/info/wp-content/uploads/2013/06/Ideas-for-online-marketing.png


Menghabiskan waktu untuk mempromosikan bisnis, produk, dan website Anda setiap harinya pasti akan sangat melelahkan dan menyita durasi hidup Anda, apalagi jika Anda bukanlah seorang full-time marketer. 

Oleh karena itu, Anda patut menyimak beberapa teknik pemasaran online yang sangat efektif berikut. Hanya butuh satu menit dari usia Anda untuk mengeksekusi setiap langkahnya kok, yuk!


1. Paajang Headline yang Menggairahkan
Headline menjadi semacam dua belah mata pisau buat konten Anda. Menurut penyelidikan dari Copy Blogger, delapan dari sepuluh orang akan membaca headline Anda, tetapi hanya dua dari sepuluh yang akan membaca konten Anda sampai tuntas.

Portent’s Content Idea Generator adalah perkakas simpel untuk menambang ide brilian untuk headline Anda. Cantumkan saja subjek dari konten Anda, dan, voila! 

Dalam sekejap, headline Anda, dengan balutan frase yang keren, sudah siap untuk dipublikasikan.

Misalnya, ketika Anda mengetik ‘marketing tips’ akan muncul alternatif judul seperti: Why Marketing Tips are Sexy. Jika belum puas, Anda bisa terus meminta judul baru dan Portent’s Content Idea Generator siap menyediakannya untuk Anda.





2. Pakailah Facebook Anda buat Posting, Jangan Cuma Sharing
Daripada menyebarkan posting orang atau brand lain, kenapa tidak mencoba untuk menyebarkan tulisan Anda sendiri? Berkaca dari penelitian Edgerank Checker, pelaku bisnis yang mempublikasikan tulisannya sendiri jauh lebih memikat para konsumennya daripada mereka yang usahanya cuma mengklik tombol ‘Share’.





Anda tidak harus mengunggah ulang konten orang lain dan mengakuinya sebagai milik Anda, namun Anda bisa memanfaatkan konten orang lain untuk mengawali posting Anda sendiri. Misalnya, ketika Anda mendapat info menarik dari Facebook sebuah kantor berita besar, jangan langsung bagikan tulisan mereka ke teman-teman Anda, lebih baik Anda tulis ulang dan kutip tulisan dari mereka.

3. Mendaur Ulang Posting Lama 
Tidak hanya sampah, konten yang sudah Anda tulis dahulu kala di akun Facebook, Twitter, atau Google+, bisa kok dipoles ulang. Hal ini untuk mengakali ketidakmampuan Anda dalam membuat tulisan baru karena terlalu sibuk. Namun ingat, tulisan yang di-recycle hendaklah tulisan yang terbaik dan masih dicari, agar orang yang belum atau sudah pernah membacanya dengan senang hati mau membaca lagi.

Jangan kira mendaur ulang tulisan lama adalah perbuatan mubadzir, malah hal ini bisa memberikan keuntungan yang signifikan: 
Posting jadul bisa terus mengakumulasikan likes, share, dan komentar. Kredibilitas halaman dan posting Anda tentunya akan meningkat.
Membagikan posting lama bisa mendongkrak eksistensinya di blogosphere, yang nantinya bisa menambah link baru dan traffic ke website Anda.
Orang-orang tertarik untuk meninggalkan komentar pada posting yang sudah sering dibagikan, dikomentari juga terlibat diskusi. Ketika mereka melihat posting Anda yang sudah rame itu, pasti mereka akan dengan senang hati untuk berpartisipasi.


4. Manfaatkan Reddit untuk Mencari Tahu Topik yang Ngetren





Daripada berlama-lama mencari topik baru dan orisinil untuk tulisan kita, mending meluncur ke Reddit guna mencari tahu topik apa yang lagi popular dibicarakan atau dicari pengguna internet.

Sekali lagi, Anda jangan coba-coba untuk mencuri artikel yang ada disana, gunakanlah konten Reddit untuk batu pijakan posting Anda nantinya. Sebagai contoh, Anda bisa melihat topik ‘AskReddit’ yang paling populer, biasanya Anda akan menemukan pertanyaan seperti “Why is it so hard to make friends as an adult?” dan dikomentari ribuan orang hanya empat jam setelah pertanyaan tersebut diluncurkan. Sudah jelas kan, artinya tulisan seperti itu yang sedang menarik perhatian para surfer dunia maya.

Saatnya menulis sendiri untuk website atau memberikan update terbaru di sosmed Anda terkait topik tersebut untuk memancing minat orang-orang untuk berdiskusi dan rasakan nikmat promosi brand Anda dengan cara sederhana.


5. Bubuhkan ‘Action Call’ di Page Paling Populer Anda 
Ini nih, salah satu aksi yang bisa Anda lakukan dalam semenit dan dampaknya besar sekali. Pertama-tama, log in ke akun Google Analytics Anda, lalu cari tahu konten mana yang memiliki viewers tertinggi lewat Behavior -> Site Content -> All Pages





Tentunya, Anda harus bisa mencantumkan kalimat provokasi yang efektif untuk viewers yang mendarat pada halaman dalam website Anda. 

6. Buat Posting Singkat dalam Semenit
Emang bisa?

Bisa, menulis posting dalam satu menit bukan hal yang mustahil kok.

Pastinya, tulisan Anda tidak akan kaya konten, tetapi tulisan itu sendiri akan sangat penting untuk memelihara keakraban Anda dengan fans atau followers Anda.

Caranya, meluncur langsung ke Google Image Search dan ketik di kolom pencari dengan format seperti ini:

[masukkan topik yang ingin Anda angkat](spasi)quote

Misalnya, ketika Anda ingin mencari “motivation quote”, telusuri beberapa gambar yang menurut Anda sesuai, simpan ke hard disk Anda, lalu unggah ke website Anda dan berikan komentar singkat, dan klik Publish Now!



Image credit: Daily Quotes


7. Kepo Kata Orang Tentang Anda
Pernahkah Anda membayangkan, apa sih yang orang-orang katakan di dunia maya tentang Anda atau brand Anda?

Silahkan meluncur ke Social Mention dan ketik nama lengkap Anda, URL website, nama produk atau perusahaan, dan dapatkan hasil kepo tesecara instan!

Social Mention menelusuri dimana nama Anda atau brand Anda disebut di blogs, microblogs, bookmarks, gambar, video, dan pertanyaan. Perhatikan juga penggunaan quotation marks atau tanda petik untuk hasil pencarian yang lebih akurat.

Info yang Anda dapat ini dapat dimanfaatkan untuk mengetahui pendapat dan perasaan orang-orang pada Anda atau brand Anda. Kalau Anda bisa lebih jeli, hal ini bisa menambah topik tulisan yang akan dipublikasikan di website Anda nanti atau menelusuri track record kompetitor Anda. 





Sebagian pemilik bisnis di dunia tidak harus mendedikasikan waktunya untuk melulu melakukan pemasaran, jadi tips diatas sewajarnya dapat meningkatkan efisiensi kinerja Anda. Jangan lupa untuk berkonsultasi untuk kemajuan promosi marketing bisnis Anda,


Disadur dari:
forbes.com
  • Blogger Comment
  • Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment

Copyright © 2012 Orkha Creative All Right Reserved
Designed by CBTblogger