a

Thursday, April 17, 2014

10 Momen Kontroversial pada Desain & Iklan



Branding, desain logo, dan iklan selalu berpotensi untuk menimbulkan reaksi negatif dari kalangan desainer sendiri hingga masyarakat luas.

Entah itu rebrand yang menyebabkan protes karena semakin merusak citra, iklan yang provokatif, atau hanya sekedar karya kreatif yang diamini sebagai karya yang buruk oleh khalayak luas, inilah 10 desain dan iklan yang polemis itu:


1. Iklan Telanjang Yves St Laurent


Advertising Standards Authority (ASA) menyalurkan 948 komplain pada Yves St Laurent terkait iklan mereka pada tahun 2000 yang mengeksploitasi kemolekan tubuh salah satu model berkebangsaan Inggris, Sophie Dahl. Menurut ASA, iklan tersebut menimbulkan kesan seronok dan cenderung menyebabkan kejahatan yang luas dan serius. Iklan ini juga dinobatkan sebagai salah satu iklan yang paling banyak dikomplain sepanjang zaman.


2. 'Kampanye Hijau' British Petroleum


Pada tahun 2000, salah satu perusahaan minyak raksasa, British Petroleum, mengeluarkan 200 juta Dollar untuk rebranding. Ini adalah upaya untuk memberikan kesan pada masyarakat bahwa meskipun British Petroleum mengeruk sumber daya alam besar-besaran, tetapi mereka tetap ramah pada lingkungan. Sayangnya, kesangsian publik pada perusahaan yang akrab dengan inisial andalan ‘BP’ semakin bertambah, parahnya banyak parodi dari logo ini yang muncul:

Salah satu logo dari peserta kompetisi logo parodi oleh Greenpeace.


3. Logo Olimpiade London 2012


Logo dari Wolff Olins ini dibanderol 400 juta Pounds dan mulai dipamerkan ke publik pada 4 Juni 2007. Sayangnya, 80% responden dari survei yang dibuat BBC memberikan dua jempol terbalik.

Untungnya, kesan negatif publik terhadap logo olimpiade ke-30 itu dibayar lunas oleh semangat juang dan nasionalisme seluruh peserta. Penjelasan lebih lanjut tentang bagaimana logo itu dibentuk bisa dibaca disini. Baca juga persepsi lain tentang logo paling kontroversial selama 116 tahun perjalanan Olimpiade dari Joe Stone berikut.


4. Logo Baru GAP

Menurut banyak pihak, inilah satu dari banyak bencana di dunia desain oleh salah satu perusahaan fashion. Keputusan GAP untuk mengganti logo persegi biru laut yang iconic itu dengan font Helvetica dan gradien sederhana pada tahun 2010 mendapat tantangan keras dari seluruh penjuru dunia. Logo itu hanya bertahan seminggu sebelum ditarik kembali untuk dimusnahkan.



5. Ashley Madison diboikot Superbowl

Hadir untuk mendongkrak dan memfasilitasi ‘kebijaksanaan’ hubungan di luar nikah, AshleyMadison.com malah melawan ideologinya sendiri. Tak heran, iklan ini dilarang untuk tampil di Superbowl beberapa kali, termasuk iklannya di tahun 2011, dimana seorang istri yang diselingkuhi melepaskan pakaiannya di depan orang-orang lalu memutuskan untuk bergabung dengan AshleyMadison.com untuk mendapatkan suaminya kembali.



6. Starbucks yang lebih Sederhana


Salah satu coffee-shop yang sudah mendunia ini memutuskan untuk mencopot tulisan ‘Starbucks Coffee’ dari logo lamanya dan memilih untuk menonjolkan ikon putri duyung yang rupawan itu sendirian pada Januari 2011. Meskipun hal ini tergolong normal bagi Starbucks agar bisa lebih mengembangkan produknya ke sektor lain, lebih dari 500 komplain harus diterima sebagai kompensasinya. Minimal, Starbucks bisa dibilang 'lebih sukses' dibandingkan dengan GAP.


7. KFC Tidak Sopan

Pada tahun 2005, Kentucky Fried Chicken mendapatkan 1.671 komplain gara-gara iklannya, yang menurut para orang tua, mencontohkan perilaku yang tidak sopan. Di dalam video berdurasi 32 detik itu, para customer service sedang menyanyi dengan mulut penuh makanan. Wah, Kolonel Sanders bisa dikira tidak pernah mengajari tata krama nih.



8. Desain Ulang Facebook


Facebook selalu kesulitan ketika berimprovisasi. Media sosial paling tenar sedunia ini mendesain ulang tampilan para penggunanya dengan ‘tab’ yang bisa diatur sesuka hati pada September 2008. Alhasil, ratusan grup yang menyuarakan protes pada perubahan itu bermunculan. Maret tahun depannya, 1,7 juta komplain kembali diterima Facebook gara-gara menggabungkan status update-nya ke Twitter. *puk-puk Facebook*


9. Paddy Power yang Kejam pada Hewan 


Iklan yang tayang pada tahun 2010 ini, diawali dari pengambilan gambar tas milik sebuah klub sepak bola bernama Blind Wanderers FC disusul dengan adegan pertandingan sepakbola tuna netra. Seekor kucing tiba-tiba masuk ke lapangan dan tidak sengaja tertendang. Akhirnya, 1.313 komplain tentang kebengisan terhadap hewan dan singgungan terhadap tuna netra terpaksa diterima Paddy Power.


10. Logo Baru University of California


Ternyata, University of California menapaki jejak GAP yang harus menerima banyak kecaman karena merubah logonya di tahun 2012. Didesain oleh team desain in-house University of California, tujuan awal dari diciptakannya logo yang dihina mirip jamban ini adalah untuk keperluan komunikatif dan tidak dimaksudkan untuk mengganti logo resmi.



Disadur dari: 
creativebloq.com
  • Blogger Comment
  • Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment

Copyright © 2012 Orkha Creative All Right Reserved
Designed by CBTblogger