a

Wednesday, May 13, 2015

Perdebatan tentang Penggunaan Font Times New Roman dalam Resume





Seorang ahli dalam bidang resume – Christopher Phin – menjelaskan bahwa pemilihan jenis font secara tidak langsung mempengaruhi kemajuan karir anda.

Minggu ini, Bloomberg mengumumkan jenis huruf terbaik dan terburuk yang sering dipakai di dalam resume. Menurut ahli CV terkenal Mildred Talabi, kita tidak seharusnya menggunakan font Times New Roman di dalam resume. Sebaliknya kita disarankan untuk memakai font Verdana, Calibri, Tahoma, atu Century Gothic, karena mereka dianggap “lebih bersih dan lebih modern”.

Talabi menjelaskan bahwa memakai font Times New Roman membuat CV terlihat usang dan tidak diperbarui sejak 10 tahun lalu. Talabi juga menekankan bahwa CV harus terlihat profesional dan “fresh”.

Namun Christopher Phin agaknya kurang sependapat dengan Talabi. Menurutnya, Times New Roman adalah pilihan yang tepat untuk menunjukkan kesan profesional dalam sebuah CV dan untuk menjelaskan bahwa kapabilitas anda sesuai untuk mengisi sebuah posisi di sebuah perusahaan. Times New Roman dianggap membawa kesan klasik British yang sangat sesuai untuk kebutuhan sebuah resume. Lanjutnya, Arial dan Helvetica juga dapat dijadikan pilihan yang cerdas.

Christopher menolak keras font yang direkomendasikan Talabi untuk dipakai di CV seperti Verdana, Calibri, Tahoma, dan Century Gothic. Menurutnya Verdana terlihat bagus ketika di layar - namun terlihat buruk ketika sudah dicetak, Calibri membuat semua jenis file terasa seperti slide marketing di Microsoft Office, Tahoma mirip seperti Verdana, dan Century Gothic sangat buruk dan sukar untuk dibaca.

Selanjutnya, Christopher merasa setiap saran di berbagai forum komunikasi desain harus dapat dipertanggungjawabkan dan bukan hanya didasarkan kepentingan pembuatan headline yang menarik pembaca.

Hmm, jadi apa font pilihan untuk resumemu?


  • Blogger Comment
  • Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment

Copyright © 2012 Orkha Creative All Right Reserved
Designed by CBTblogger