Saat Tom DeLonge Mengubah Wajah Bisnis Musik
Lama tak terdengar gaungnya, personel Blink 182 dan Angels and Airwaves, Tom DeLonge, ternyata sedang menjalankan misinya untuk mengubah industri musik menjadi 'ladang emas' yang bisa dinikmati semua musisi.
Tom ternyata punya kegiatan lain di luar kesibukannya bermusik, meskipun juga tak jauh-jauh dari dunia musik. Gitaris yang katanya juga bisa memainkan terompet ini sedang serius menjalankan bisnis startup miliknya, bernama Modlife. Nama-nama tenar seperti Kanye West, Pearl Jam, dan Taking Back Sunday telah menikmati langsung 'khasiat' ide kreatif Tom itu.
Alasan yang melatarbelakangi Tom untuk membuat platform perangkat lunak semacam Modlife ialah karena ia telah menyadari ada rantai yang hilang di antara penikmat musik dan musisi.
Sebagai seorang penggemar band tertentu, misalnya, ada banyak sekali pekerjaan yang harus dilakukan untuk memenuhi gejolak fanatisme dalam diri, seperti membeli tiket konser, album, merchandise, dan lain-lain. Di posisi yang lain, musisi atau band ternyata juga mengalami kesulitan untuk memenuhi hasrat penikmat setianya. Hal ini pun berdampak pada berkurangnya penghasilan yang seharusnya mereka dapatkan karena disebabkan banyak hal, mulai dari pembajakan sampai susahnya karya mereka dijangkau pembeli karena keterbatasan ruang dan waktu.
Mencermati masalah itu, Tom pun mengintegrasikan semua kebutuhan kedua belah pihak dengan Modlife, web software yang memudahkan proses penjualan kreasi musisi, baik yang digital (seperti album iTunes) maupun yang nyata (contohnya tiket konser). Sudah mulai aktif sejak 2007, Modlife kini semakin mendunia.
"Kami menambah pendapatan dari band dengan menyediakan sebuah alat untuk mengatur bermacam-macam elemen dari bisnis mereka," fastcompany.com mengutip Tom.
Tampilan laman utama Modlife |
Modlife sekarang juga mencoba menjadi fasilitator yang baik bagi para musisi yang belum atau tidak ingin berlabel mayor. Selain karena metode Modlife untuk menyejahterakan musisi memang sangat menggoda, yaitu dengan pembagian hasil yang sepadan, musisi juga serasa lebih dekat dengan penggemarnya karena bisa menjual karyanya langsung pada mereka. Bagi musisi yang sudah berlabel mayor pun, Modlife juga bisa digunakan untuk menambah pendapatan mereka tanpa ada campur tangan sedikitpun label.
Dengan cara seperti ini, Modlife tentu berharap bisa membangun kepercayaan dan keinginan untuk berkarya lebih dengan musisi di seluruh dunia.
Tom DeLonge adalah orang yang yakin bahwa seni (terutama musik) suatu saat akan pantas dinilai tinggi. Tak heran apabila ia berani menginvestasikan setumpuk Dollarnya untuk bisnis startup ini. Selain musisi, Tom sebenarnya sudah lama dikenal juga sebagai entrepreneur. LoserKids.com, yang telah berdiri sejak 1999, hanyalah salah satu bukti kepiawaiannya dalam berbisnis.
Sumber gambar: tenhomaisdiscosqueamigos.com
0 comments:
Post a Comment